Kalsel

Update Kondisi Pengidap Covid-19 Kalsel 7 April, Simak Rinciannya

apahabar.com, BANJARMASIN – Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel telah merilis update kondisi pasien…

Ilustrasi dokter dan tim petugas medis penanganan pasisen Covid-19. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel telah merilis update kondisi pasien positif terinfeksi virus SARS-Cov-2, Selasa (7/4).

Seperti diketahui, jumlah kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus bertambah setiap harinya.

Hingga Selasa (7/4) sore, Tim Gugus Tugas mencatat sebanyak 22 kasus terkonfirmasi tertular Covid-19.

Secara rinci, tim gugus tugas menerangkan 19 pasien positif masih menjalani perawatan.

Sementara 3 lainnya adalah pasien positif yang telah meninggal dunia.

“Hari ini ada penambahan terkonfirmasi positif. Jumlah ada 19 kasus ditambah ada meninggal 3 kasus,” terang Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, Muslim dalam siaran pers yang diterima apahabar.com, Selasa malam.

Sementara itu, terdapat 12 Pasien dalam pengawasan (PDP) dirawat di beberapa rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk sebelumnya.

Rinciannya adalah 3 PDP di RSUD Ulin Banjarmasin, 2 PDP di RSUD H Boejasin Pelaihari, 6 PDP di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, dan 1 PDP di RSUD Abdul Aziz Batola.

Lebih jauh, Muslim memaparkan salah satu kasus meninggal tersebut adalah pasien dengan kode Ulin-33 yaitu seorang laki-laki.

Berusia 60 tahun, si pasein berasal dari Banjarmasin yang wafat pada Minggu (5/4) tadi.

“Pasien PDP yang dapat dipulangkan karena sudah dinyatakan negatif hasil PCR yaitu Ulin-28, Ulin-32 dan Ulin-34,” sebut Muslim.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel ini juga menjabarkan kondisi pasien yang terkonfirmasi positif.

Saat ini, mereka masih dalam proses perawatan beberapa menunjukkan kondisi yang stabil, yaitu Ulin-1, Ulin-9, Ulin-10, Ulin-11, Ulin-13.
Sedangkan pasien Ulin-15 masih mengalami gejala sesak nafas.

Selanjutnya pasien Ulin-24, Ulin-25, Ulin-35, Ulin-36, Ulin-37, Ulin-38, dan Ulin-39 juga terpantau dalam kondisi yang stabil.

Satu PDP yang terkonfirmasi positif yaitu Ulin-30 mengalami kondisi sesak nafas. Begitu juga Ulin-29, laki-laki berusia 78 tahun asal Banjarmasin yang masih memerlukan perawatan khusus.

Selain rumah sakit rujukan utama, di beberapa rumah sakit lainnya juga terpantau pasien dengan kondisi serupa.

Seperti dii RSUD Ansari Saleh, ada 3 pasien yang mendapat perawatan ketat oleh tim medis.

“Mas-1 kondisi stabil. Mas-2 dan Mas-3 yang saat ini menjadi positif, namun (menjalani) isolasi mandiri dan kondisi semuanya stabil,” terang Muslim.

Kemudian untuk kondisi PDP, Muslim menjelaskan pasien Ulin-27 dan Ulin-40 dalam kondisi stabil, namun Ulin-31 masih agak lemah.

Bergeser ke RSUD H Boejasin Pelaihari, terdapat dua pasien yaitu laki-laki berusia 60 tahun asal Balangan dan Tanah Bumbu yang menunjukkan kondisi stabil.

Sementara PDP di RSUD Ansari Saleh Banjarmasin yaitu Mas-2, Mas-3, Mas-4, Mas-5 juga menunjukkan kondisi cukup stabil, ada tambahan PDP baru yaitu Mas-6 dan Mas-7.

Terakhir adalah PDP yang dirawat di di RSUD Abdul Aziz Batola yaitu Az-2, laki-laki usia 45 tahun.

“Mas-6 laki-laki usia 55 tahun asal Banjarbaru dan Mas-7 laki-laki usia 65 tahun asal Banjarmasin,” imbuh Muslih.

Catatan terakhir gugus tugas Covid-19 menyebutkan terdata 1.167 ODP.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.