Tak Berkategori

Update Covid-19 di Indonesia: Pasien Meninggal Tembus 11 Ribu

apahabar.com, JAKARTA – Covid-19 di Indonesia bertambah 4.007 sehingga total ada 299.506 kasus hingga Sabtu (3/10)….

Oleh Syarif
Covid-19 di Indonesia tembus 11 Ribu. Foto-Ilustrasi/Antara

apahabar.com, JAKARTA – Covid-19 di Indonesia bertambah 4.007 sehingga total ada 299.506 kasus hingga Sabtu (3/10). Dari jumlah tersebut, 225.052 di antaranya telah sembuh dan 11.055 orang meninggal dunia.

Jumlah pasien yang sembuh bertambah 3.712 dari hari sebelumnya. Begitu pula jumlah pasien yang wafat. Mengalami penambahan 83 dari hari sebelumnya.

Data tersebut diunggah di situs kemkes.go.id. Tes spesimen dilakukan terhadap 43.487. Masih menurut situs kemkes.go.id, jumlah pasien suspek di Indonesia sebanyak 139.099 orang.

Pemerintah terus mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa mematuhi protokol pencegahan virus corona. Terutama selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dan menghindari kerumunan guna meminimalisir penularan.

Presiden Jokowi juga telah menunjuk Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk menangani penyebaran virus corona di daerah-daerah dengan tingkat penularan yang tinggi. Dua pekan sudah lewat sejak Luhut ditunjuk, namun kasus baru masih terus bertambah dalam jumlah yang besar.

Di satu sisi, pemerintah ingin mengendalikan penularan virus corona. Namun di sisi yang lain, Pilkada 2020 tetap dilanjutkan. Pemerintah tak menggubris desakan dari berbagai pihak yang ingin pilkada ditunda sementara waktu.

Desakan itu lahir dari kecemasan akan klaster penularan baru akibat pilkada tetap dilanjutkan. PBNU, PP Muhammadiyah dan MUI contoh beberapa organisasi yang meminta pilkada ditunda. Akan tetapi, pemerintah bergeming.