Update Bencana Angin Puting Beliung di HST: Tim Gabungan dan Warga Evakuasi Reruntuhan Bangunan

Kanopi parkiran tersebut terbang terbawa angin puting beliung sehingga menimpa salah satu rumah warga.

Rumah warga Desa Mantaas, Kecamatan Labuan Amas Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang tertimpa kanopi parkiran mesjid akibat angin puting beliung pada Rabu (1/11/23). Foto: Dok BPBD HST.

apahabar.com, BARABAI - Tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD, relawan dan masyarakat setempat sedang melakukan evakuasi reruntuhan bangunan akibat diterjang angin puting beliung pada Rabu (1/11) malam.

"Melaporkan dari Desa Mantaas, kita sedang melaksanakan pembersihan. Ini ada salah satu rumah warga yang atap rumahnya tertimpa parkiran dari parkiran mesjid seberang, yakni mesjid Al Munir," kata Danramil 1002-08/LAU, Kapten Inf Andi Tiro, Kamis (2/11/23).

Ia mengungkapkan, kanopi parkiran tersebut terbang terbawa angin puting beliung sehingga menimpa salah satu rumah warga.

"Keadaannya memang seperti ini, kami sekarang berada disini bersama-sama sedang melakukan kegiatan pembersihan. Mudah-mudahan dalam waktu ke depan ini akan segera bisa kita atasi," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD HST, H Ahmad Apandi saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengatakan pihaknya juga sedang ikut membersihkan sisa-sisa runtuhan rumah warga.

"Kami masih di lapangan untuk pendataan korban terdampak dan juga masih membantu membersihkan puing-puing reruntuhan," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, bencana angin puting beliung yang menghancurkan puluhan bangunan warga Desa Mantaas terjadi pada Rabu (1/11/23) malam sekitar pukul 20.02 Wita.

Tidak ada korban jiwa, namun seorang anak dilarikan ke RSUD H Damanhuri Barabai karena mengalami luka di bagian kening akibat kejadian tersebut.

Untuk diketahui, 10 unit rumah dan dua fasilitas umum yang mengalami kerusakan yakni, rumah milik Halim (rusak bagian atap), rumah milik H Muhdan (rusak bagian atap), rumah milik Ibus (rusak bagian atap), rumah milik Kartolo (rusak bagian atap), rumah milik H Aspol (rusak bagian atap), rumah milik M Yusi (rusak bagian atap), rumah milik Irfan (rusak bagian atap), rumah milik Samsui (rusak bagian atap), rumah milik Iyu (rusak bagian atap), rumah milik H Ridu (rusak bagian atap), Mesjid (parkiran roboh), dan Parkir Sekolah Ibtidaiyah.