Kalsel

Update Banjir Kalsel: Kawasan Terdampak Meluas, Ribuan Logistik Disalurkan

apahabar.com, BANJARMASIN – Sudah tiga hari sejumlah kawasan Kabupaten Banjar, Kalsel, direndam banjir. Parahnya, wilayah terdampak…

Distribusi ribuan paket bantuan makanan siap saji ke wilayah terdampak banjir di Kabupaten Banjir. Foto: Dinsos Kalsel forĀ apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Sudah tiga hari sejumlah kawasan Kabupaten Banjar, Kalsel, direndam banjir.

Parahnya, wilayah terdampak per hari ini (13/1) dilaporkan semakin meluas. Selain Pengaron, Simpang Empat, dan Sungai Pinang, banjir juga meluber ke wilayah Mataraman.

"Ketinggian air mulai meningkat. Sudah meluber ke ruas jalan Mataraman," kata Pembina Teknis Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Kalsel, Achmadi kepadaapahabar.com.

Sampai sekarang pihaknya terus siaga. Banjir masih berpotensi meluas, mengingat curah hujan masih terus mengguyur.

"Kami terus memantau daerah turunan banjir. Meski sejatinya kami berharap kawasan terdampak tak semakin meluas," ujarnya.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Dinsos Kalsel ini berkata sebanyak 3.500 paket makanan cepat saji juga sudah dikirim ke wilayah terdampak.

Dia melaporkan sejumlah warga saat ini sudah mulai melakukan pengungsian di posko-posko terdekat.

"Yang belum melakukan pengungsian kita kirimkan bantuan makanannya ke tempat mereka," kata Achmadi.

Selain makanan siap saji, petugas juga akan segera mengirim bantuan perlengkapan keluarga seperti terpal, kasur, matras hingga pakaian.

"Termasuk keperluan bayi. Semoga hari ini bisa sudah didistribusikan," tutupnya.