Nasional

UNBK Hapus Kecurangan Hingga 99 Persen

apahabar.com, SLEMAN – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diyakini mampu menghapus kecurangan hingga 99 persen. Menteri…

Iliustrasi UNBK. Foto-Sumsel Satu

apahabar.com, SLEMAN - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diyakini mampu menghapus kecurangan hingga 99 persen. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengemukakan, sebelum UNBK praktik curang dalam UN berjalan sistemik.

“Sekarang ujian nasional sudah direformasi besar-besaran, saya pernah mengusulkan ke Pak Presiden, supaya dimoratorium paling tidak satu tahun pada tahun 2017. Tapi presiden meminta tak perlu dimoratorium, yang penting segera dibenahi,” kata Muhadjir seperti ditulis detikcom, Senin (25/3/2019).

Baca Juga:SMKN 5 Banjarmasin Bagi UNBK 3 Sesi

“Sekarang yang dibenahi pertama adalah penerapan komputer secara massif. Karena sudah 91 persen komputer diterapkan dalam UNBK ini, waktunya juga bergelombang," katanya seusai menghadiri acara pembukaan pelatihan pengawas sekolah dalam mempromosikan toleransi dan multikulturalisme, di P4TK Matematika Kemendikbud, Jalan Kaliurang Km 6, Sleman, DI Yogyakarta.

Muhadjir menambahkan, pelaksanaan UNBK juga akan membuat siswa lebih nyaman karena hasilnya nanti akan memiliki tingkat kepercayaan tinggi.

“Siswa juga sangat pede, gembira, nyaman, karena apa yang dilakukan nanti pasti mendapatkan pengakuan dari publik maupun pihak yang akan memanfaatkan hasil ujian nasional mereka,” ungkap Muhadjir.

“Karena ini dijamin kejujurannya, ini dulu yang akan kita fokuskan, jujur dulu. Nanti secara bertahap akan dibenahi dari aspek kualitas hasil dari ujian nasional itu,” pungkasnya.

Baca Juga: 1.524.104 Siswa SMK Ikuti Ujian Nasional Hari Pertama

Editor: Syarif