Pemkab Hulu Sungai Tengah

UKPBJ HST Sosialisasi Pengadaan Barang Jasa, Wabup Berry: Kita Harus Lakukan Percepatan

apahabar.com, BARABAI – Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Hulu Sungai Tengah (HST) memberikan pemahaman untuk…

 Wabup HST, Berry NF membuka sosialisasi Sistem Informasi Umum Pengadaan dan E-Monev melalui sosialisasi yang diadakan UKPBJ di Aula Bapelitbangda HST, Kamis (30/1).Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Hulu Sungai Tengah (HST) memberikan pemahaman untuk melaksanakan Pengadaan Barang Jasa (PBJ).

Pemahaman itu diberikan agar menambah wawasan Kedudukan Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) tentang tugas dan fungsinya.

Selain itu mereka juga diberi pemahaman tentang peraturan PBJ yang berlaku agar pelaksaannya tidak menimbulkan permasalahan.

Sebab KPA/PPK/PPTK dituntut untuk mencapai persentase hingga 100 persen untuk Rencana Umum Pengadaan (RUP) terhadap belanja langsung Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Mereka pun dibekali pengetahuan tentang Sistem Informasi Umum Pengadaan dan E-Monev melalui sosialisasi yang diadakan UKPBJ di Aula Bapelitbangda HST, Kamis (30/1).

“Kegiatan ini diikut oleh 80 orang. Kita menghadirkan 3 Narasumber dari luar untuk memberikan sosialisasi,” Kata Panita Pelaksana, Amir Murtadho.

Ketiga narasumber itu yakni, Samsul Ramli, Fungsional PBJ Bagian Layanan Pengadaan & Infrasuktur Sekretariat Daerah Banjar.

Kemudian Muhammad Fakhrudin, Staf Subbag Pengembangan Sistem Informasi Bagian Layanan, Pengadaan Elektronik Biro Perlengkapan dan Layanan PBJ Sekretariat Daerah Kalsel.

Yang terakhir, M Noor Fuady, Staf Subbag Pengelolaan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Bagian Layanan Pengadaan Elektronik Biro Perlengkapan dan Layanan PBJ Sekretariat Daerah Kalsel.

Wakil Bupati (Wabup) HST, Berry Nahdian Forqan yang berkesempatan membuka acara itu berharap agar para peserta yang mengikuti dapat memahami dengan jelas.

Berkaca pada pengalaman sebelumnya, kata Berry, beberapa pekerjaan sempat tidak terkejar di akhir tahun.

“Kita harus lakukan percepatan. Maka dengan Kegiatan itu, sala sati upaya kita (Pemkab HST) agar ke depannya Pengelolaan PBJ dan sistem informasi rencana umum pengadaan bisa lebih baik lagi dan lebih awal,” kata Berry.

“Ikuti dengan seksama, simak setiap materi yang disampaikan, supaya saudara – saudara dapat memahami dan mampu menerapkan secara tertib dan benar agar bisa diterapkan,” pesan Berry.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Ekonomi & Pembangunan, H Pandiansyah, para camat dan Kepala SKPD di lingkungan Pemkab HST.

Baca Juga: HGN ke-60, Wabup Berry Ajak Siswa MAN 1 HST Hidup Sehat

Baca Juga: Bantu 12 Santri HST di Yaman dan Mesir, Wabup Berry Pinta Pihak Lain Berpartisipasi

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Fariz Fadhillah