Nasional

Tsunami Selat Sunda: Menhub Kunjungi Posko Basarnas di Labuan, 19 Korban Kembali Ditemukan

apahabar.com, BANTEN – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendatangi Posko Utama Basarnas yang berada di Kecamatan…

Budi tampak didampingi Deputi Bidang Operasi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, Direktur Operasi Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama serta Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten selaku SAR Mission Coordinator (SMC) M. Zaenal Arifin.

apahabar.com, BANTEN – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendatangi Posko Utama Basarnas yang berada di Kecamatan Labuan, Pandeglang Banten, siang tadi.

Sementara itu, pencarian korban yang dilakukan Basarnas bersama tim gabungan di wilayah Banten sampai dengan pukul 11.00 WIB, telah mengevakuasi korban sebanyak 19 orang meninggal dunia.

Budi tampak didampingi Deputi Bidang Operasi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, Direktur Operasi Brigjen TNI (Mar) Budi Purnama serta Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banten selaku SAR Mission Coordinator (SMC) M. Zaenal Arifin.

Dalam kunjungan Budi menanyakan perihal lokasi yang terdampak dan pergerakan dari seluruh personel yang melakukan operasi pencarian dan pertolongan.

Pencarian, kata Zaenal, sejak hari kejadian 22 Desember 2018, tim SAR gabungan dibagi menjadi tiga Search Rescue Unit (SRU).

Baca Juga:Tsunami Selat Sunda, Keterlibatan Basarnas Banjarmasin Tunggu Perintah Pusat

SRU pertama yang berjumlah 87 personil melakukan pencarian mulai dari Cinangka hingga Labuan. SRU kedua dengan kekuatan 96 personil menyisir wilayah Labuan hingga Tanjung Lesung.

Kemudian sebanyak 92 personil di SRU ketiga melakukan pencarian mulai dari Tanjung Lesung hingga Sumur.

“Tim Basarnas bersama potensi akan melakukan penyisiran sepanjang pantai dari pesisir Anyer di Serang hingga Tanjung Lesung Pandeglang,” tuturnya.

“Jenazah korban yang dikenali pihak keluarga akan dievakuasi ke Puskesmas terdekat. Jika tidak teridentifikasi akan dievakuasi ke RSUD Banten dan RS Berkah Pandeglang”, tambah SMC.

Baca Juga:Tsunami Selat Sunda: H2 Pencarian, Basarnas Kerahkan Ratusan Personel

Usai mengunjungi Posko Basarnas, Menhub melanjutkan lokasi-lokasi yang terdampak tsunami.

Hingga berita ini diturunkan sejak pukul 12.35 Wib tim SAR gabungan masih terus berupaya mencari dan mengevakuasi koban tsunami.

Sumber: Basarnas
Editor: Fariz