TPA SAMPAH OVERLOAD

Truk Sampah Antre di TPA Rawa Kucing, Ternyata Kapasitas Overload

TPA kita kapasitas sudah 80 persen, bisa dikatakan hampir overload, sehingga sulit menampung sampah yang diangkut antrian truk.

Kondisi terkini TPA Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. (Foto: apahabar.com/Rizky Dewantara)

apahabar.com, TANGERANG - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang membeberkan adanya antrian truk sampah yang terjadi di TPA sampah Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Pihaknya mengaku kapasitas yang ada di TPA sampah tersebut hampir overload (kelebihan kapasitas). Hal tersebut menjadi penyebab adanya antrian truk sampah.

Baca Juga: Hari Lingkungan Hidup, Menteri LHK: Lawan Polusi Sampah Plastik

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas DLH Kota Tangerang, Iwan mengatakan, antrian truk sampah yang terjadi karena pengaturan kedatangan truk sampah yang tidak tepat. Truk yang masuk ke TPA Rawa Kucing itu bersamaan jadi antrian tidak bisa dihindari.

"Selain itu, TPA kita kapasitas sudah 80 persen, bisa dikatakan hampir overload. Memang sudah penuh, penanganannya jadi lambat bisa satu mobil durasi pembuangan sampahnya sampai 30 menit," ujar Iwan saat ditemui di Kantor DLH Kota Tangerang, Rabu (7/6).

Baca Juga: Empat Ton Sampah Terkumpul di Pantai Branta Pesisir Pamekasan

Menurutnya, luas wilayah TPA sampah Rawa Kucing mencapai 38 hektar dan hampir 80 persen sudah terisi. Atas dasar itu pihaknya butuh pengurangan sumber sampah dari masyarakat.

"Artinya masyarakat bisa melakukan pemilahan sampah melalui bank sampah dan sebagainya yang ada di wilayah masing-masing. Sehingga yang masuk ke TPA Rawa Kucing itu harusnya residu atau sisanya saja," sebut dia.

Masih kata Iwan, untuk kendaraan operasional pengangkut sampah di Kota Tangerang total ada 388 kendaraan, seperti dum truk 138, bentor 133, amrol 29, bison 22 dan lainya. Armada pengangkut sampah pihaknya sediakan 1 unit per satu kelurahan.

"1 kelurahan 1 armada, nah itu bisa satu hari dua sampai tiga kali sampah yang diangkut ke TPA Rawa Kucing," akunya.

Baca Juga: Usang Tak Layak Pakai, Wawali Usul Tangerang Punya Truk Sampah Baru

Ia menjelaskan dari banyaknya tumpukan sampah di setiap wilayah, memang ada kendala dimana volume sampah meningkat dan ada beberapa putaran pengangkut sampah yang terlambat.

"Berdasarkan data yang kami punya, dalam sehari sampah di Kota Tangerang mencapai 1.509 ton dan itu semua masuk ke TPA Rawa Kucing," tukasnya.