TPID Tabalong Masuk Nominasi 3 Besar Kabupaten/Kota Berkinerja Terbaik

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Tabalong menjadi nominasi tiga besar kabupaten/kota berkinerja terbaik

Piala berkinerja terbaik dalam pengendalian inflasi ditunjukkan Gubernur H Sahbirin Noor bersama Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani. FOTO - Kominfo Tabalong

apahabar.com, TANJUNG - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Tabalong menjadi nominasi tiga besar kabupaten/kota berkinerja terbaik dalam pengendalian inflasi di kawasan Kalimantan tahun 2022.

Pengumuman TPID berkinerja terbaik dilaksanakan  pada rapat kerja nasional pengendalian inflasi tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat memberikan  sambutan pada kegiatan tersebut mengatakan, inflasi Indonesia di angka 3,08 persen pada Juli 2023.

Jika dibandingkan dengan inflasi negara-negara lain, angka inflasi Indonesia sangat terkendali. 

“Inflasi menjadi sangat penting, dan kita dapat mengendalikannya dengan 3 strategi penting yaitu kebijakan moneter, kebijakan fiskal dan antisipasi kondisi real di lapangan," jelas Presiden.

Sementara itu, terkait masuknya Tabalong sebagai nominasi pengendalian inflasi, Bupati Anang Syakhfiani, sangat menyukurinya.

"Ini merupakan tahun ketiga TPID Tabalong dinilai berkinerja terbaik. Bahkan di periode 2020, nilai inflasi kita pernah terendah nomor 2 se-Indonesia," bebernya.

Anang bilang data statitsik mencatat, Inflasi Kabupaten Tabalong pada bulan Desember  2022 mencapai 0,48 persen secara bulanan (month to month) dan  5,01 persen secara tahunan (year to year).

Selain mengadakan pasar murah sebagai interfensi harga komoditas, upaya  pengendalian inflasi di Kabupaten Tabalong juga dilakukan melalui gencarnya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

"GNPIP yaitu peningkatan produktivitas pertanian dan hortikultura, kerjasama antar daerah dan melalui berbagai terobosan dan inovasi," sebutnya.

Lanjut Anang, terobosan yang saat ini sangat mempengaruhi pengendalian inflasi di Tabalong adalah Julak Wasi (Ojek Jual Sayur, Sembako Ikan Kawal Inflasi).

"Ini inovasi yang mendukung distribusi bahan pangan dan kestabilan harga," terangnya.

Kata Anang, keberhasilan TPID Kabupaten Tabalong yang dinilai berkinerja terbaik dalam pengendalian inflasi tahun 2022 juga turut mengantarkan TPID Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Provinsi Berkinerja Terbaik 1 dalam Pengendalian Inflasi di Kawasan Kalimantan Tahun 2022.

"Ini menunjukan bahwa kami di Tabalong turut bergerak untuk kemajuan Provinsi Kalsel," pungkasnya.