Tokoh Adat Piani Siap Sukseskan Pilkada Damai di Tapin

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Piani terus menggalakkan peran aktif masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2024.

Oleh Sandy
Sosialisasi peran aktif masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2024 oleh Panwaslu Kecamatan Piani di Befo Rantau. Foto: bakabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Piani terus menggalakkan peran aktif masyarakat dalam pengawasan Pilkada Serentak 2024.

Hal ini ditunjukkan melalui sosialisasi pengawasan pemilihan serentak dengan menghadirkan tiga narasumber dari Asosiasi Wartawan Tapin (Aswat), pemerhati pemilu, dan akademisi.

Peserta yang hadir cukup beragam, mulai dari tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga anggota majelis taklim, Polsek Piani, Danramil Piani, Team Rescue Tapin (TRT), serta beberapa wartawan.

Acara yang diikuti oleh kurang lebih 50 peserta ini menjadi ajang penting dalam memperkuat partisipasi masyarakat di wilayah tersebut. 

Ketua Panwaslu Kecamatan Piani, Abdurrahman AS, menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan pilkada, terutama saat masa kampanye.

"Selain sebagai pemilih, kami harapkan masyarakat, terutama tokoh adat, bisa berpartisipasi aktif dalam pengawasan pesta demokrasi ini," paparnya.

Sementara tokoh adat Dayak Piani, Karliansyah, menyatakan kesiapan mendukung kesuksesan Pilkada 2024 di Tapin. Diyakini pilkada yang damai dan tertib adalah kunci keberhasilan pesta demokrasi.

"Kami siap berperan maksimal agar pilkada berjalan damai dan tertib. Kami juga berharap kehadiran pemilih di setiap TPS bisa mencapai 100 persen," harap Karliansyah.

Meski sebagai tokoh adat yang memiliki pengaruh, Karliansyah menegaskan tidak akan memberikan tekanan kepada warga, "Semua warga memiliki hak pilih sesuai hati nurani, sehingga kami tidak akan mengarahkan atau memberi tekanan kepada warga adat," jelasnya.