Tips Mudik

Tips Memilih Mobil Sewaan agar Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran

Mobil pribadi, angkutan umum hingga kendaraan sewaan menjadi moda transportasi pilihan saat mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H.

Tips memilih mobil sewaan agar aman dan nyaman saat mudik lebaran. (Foto: dok. GPSKU)

apahabar.com, JAKARTA - Mobil pribadi, angkutan umum hingga kendaraan sewaan menjadi moda transportasi pilihan saat mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H.

Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SCDI), Sony Susmana mengungkapkan bahwa sebelum menyewa mobil, perhatikan beberapa hal agar mudik aman dan nyaman.

"Kendaraan sewaan sebenarnya tidak sembarangan digunakan untuk mudik. Harus disesuaikan dulu dengan kebutuhannya," ujar Sony kepada apahabar.com, Senin (3/4).

Baca Juga: Masih Banyak Belum Tahu, Perbedaan Honda Civic Type R dengan Civic RS

Ia menambahkan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih kendaraan sewaan sebagai moda transportasi mudik.

"Sesuaikan dengan kemampuan pengemudi. Pastikan pengemudi mampu mengemudikannya," imbuhnya.

Ia memberikan contoh dimensi mobil yang terlalu besar dapat menyulitkan kendaraan saat bermanuver.

"Semakin besar kendaraan, semakin banyak gaya keseimbangan yang harus dikontrol. Pahami juga jenis bahan bakar dan fitur kendaraan tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Chery Serahkan 100 Unit Omoda 5 ke Konsumen, Siap Dibawa untuk Mudik

Lebih lanjut, tak lupa ia juga mengingatkan untuk selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum menyewa.

"Cek kondisi kendaraan, apakah memenuhi syarat untuk perjalanan jauh seperti mesin, rem, kaca film, ban, AC dan seat belt," tegasnya.

Menurutnya, mudik itu melintasi lingkungan yang berbeda-beda, oleh karena itu sangat penting untuk memastikan kondisi kendaraan memenuhi syarat tersebut.

"Kondisi kabin juga harus disesuaikan dengan karakter penumpangnya. Seperti jika ada anak-anak kabin yang luas dan ada fasilitas hiburan lebih baik," pungkasnya.