Kalsel

Tingkatkan Proses Administrasi, BPJS Sosialisasikan E-Dabu

apahabar.com, TANJUNG – Guna mempercepat proses administrasi Badan Usaha, BPJS Kesehatan Cabang Barabai mensosialisasikan aplikasi E-Dabu…

BPJS Kesehatan Cabang Barabai dengan Badan Usaha HSU, Balangan, dan Tabalong. Foto-Reza for apahabar.com

apahabar.com, TANJUNG - Guna mempercepat proses administrasi Badan Usaha, BPJS Kesehatan Cabang Barabai mensosialisasikan aplikasi E-Dabu versi terbaru 4.2.

Sosialisasi itu diadakan bersamaan dengan agenda rutin BPJS yaitu, Gathering Badan Usaha 2019 se-Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong, di Tanjung beberapa waktu lalu.

BPJS pun menyampaikan, aplikasi itu secara makro terlebih dahulu dengan menekankan perbedaan serta fitur baru dari versi sebelumnya.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Barabai Rizal Mansur menyampaikan, hal tersebut sangat perlu dilakukan. Sebab aplikasi tersebut berkaitan dengan proses administrasi pada suatu Badan Usaha.

“Mengingat E-Dabu versi terbaru telah rilis dan mulai diimplementasikan per Agustus ini,” kata Rizal, Rabu (14/8).

Sesuai dengan tema "Administrasi Digital di Era Revolusi Industri 4.0", saat ini tentunya dituntut serba cepat. Oleh karena itu, aplikasi E-Dabu pun turut mengikuti perkembangan jaman.

“Sehingga ini perlu dipersembahkan kepada badan usaha agar semua proses administrasinya bisa cepat," kata Rizal.

Nantinya, lanjut Rizal, pihaknya akan mengadakan kelas E-Dabu bagi badan usaha yang masih bingung untuk operasionalnya, ataupun masih perlu bimbingan yang akan dilaksanakan di masing-masing kabupaten di waktu tertentu.

“Agar tidak ada lagi kendala dikemudian hari dalam pelaksanaannya,” terang Rizal.

Selain memberikan sosialisasi dan beberapa games maupun hiburan, acara tersebut juga menjadi ajang pemberian penghargaan kepada beberapa Badan Usaha terbaik. Baik dari segi ketaatan pembayaran iuran, konsistensi penggunaan Aplikasi E-Dabu dan nominasi Badan Usaha Donasi JKN-KIS.

Salah satu Badan Usaha yang mendapatkannya adalah PT. Bumi Jaya. Perusahaan tersebut telah mendonasikan dana CSR (Corporate Social Responsibility) mereka dengan mendaftarkan 78 peserta menjadi Peserta JKN-KIS.

Head HRD PT. Bumi Jaya Marsudin mengungkapkan CSR donasi tersebut dirasa sangat bermanfaat bagi warga di ring 1 sekitar area pabriknya. Ia mengatakan donasi tersebut diberikan dengan kategori orang tua dan orang yang tidak mampu.

"Kebetulan manajemen sangat mendukung, kami berharap terus memberikan kontribusi khususnya untuk warga sekitar khususnya warga Tabalong," ucap Rizal.

Baca Juga: BPJS Barabai Kumpulkan PIC PRB se Banua Anam

Baca Juga: BPJS Barabai Sosialisasikan UHC, Bupati Imbau Perangkat Desa Aktif Melayani

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Muhammad Bulkini