Tingkatkan Kesiagaan Petugas, Kodim 1002/HST Bersama Rutan Kelas IIB Barabai Gelar Latihan Menembak

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh petugas pengamanan Rutan Kelas IIB Barabai sebagai bagian dari program pelatihan berkala.

Latihan menembak Kodim 1002/HST bersama Rutan Kelas IIB Barabai di Bataliyon Infanteri 621 Manuntung, Kamis (12/9). Foto: Pendim 1002 HST for bakabar.com

bakabar.com, BARABAI - Komando Distrik Militer (Kodim) 1002/Hulu Sungai Tengah (HST) bersama Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Barabai menggelar latihan menembak di Bataliyon Infanteri 621 Manuntung, Kamis (12/9).

Kepala Rutan Kelas IIB Barabai, I Komang Suparta mengatakan kegiatan latihan menembak ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan petugas pengamanan.

Latihan ini, katanya, juga merupakan bagian dari strategi pengembangan kompetensi yang juga melibatkan berbagai unsur TNI dalam upaya memperkuat sinergitas dan kolaborasi antar-lembaga di wilayah HST.

"Kerja sama antara Rutan Barabai dan Kodim 1002/HST ini merupakan langkah positif dalam memperkuat kesiapan dan keahlian petugas keamanan, terutama dalam menjaga keamanan di lingkungan Rutan,” ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan ini diikuti oleh seluruh petugas pengamanan Rutan Kelas IIB Barabai sebagai bagian dari program pelatihan berkala untuk memperkuat kemampuan teknis dalam penanganan situasi darurat.

“Latihan ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme serta kesiapan para petugas dalam menjalankan tugas pengamanan di lingkungan Rutan,” tutupnya.

Sementara, Komandan Kodim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa melalui Kepala Staf Kodim 1002 /HST, Kapten Inf Moh Alip Suroso menekankan pentingnya disiplin dan ketepatan dalam latihan ini.

“Latihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada peningkatan kemampuan taktis para peserta,” ucapnya.

Terkait senjata yang digunakan, Ia menyebutkan diantaranya SS1 V2 dan SS1 V3 dengan jarak tembak 100 meter penilaian sikap tiarap, 10 butir peluru.

Ia juga menyampaikan bahwa petugas pengamanan Rutan bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Mereka menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan menembak yang diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan,” jelasnya.