Kalsel

Tingkatkan Kepatuhan Berlalu Lintas, Polres Tanbu Gelar Ops Zebra Intan 2021

apahabar.com, BATULICIN – Jajaran Polres Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra…

Apel gelar pasukan Ops Zebra Intan 2021. Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – Jajaran Polres Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan Zebra Intan 2021 di halaman Mapolres setempat, Senin (15/11).

Apel ini menandai dimulainya Ops Zebra Intan yang dilaksanakan selama 14 hari, yakni 15 November hingga 28 November 2021 yang serentak digelar di wilayah hukum Polda Kalsel.

“Ops Zebra Intan 2021 ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas”, tutur Kapolres Tanbu, AKBP Himawan.

AKBP Himawan mengatakan prioritas sasaran utama operasi Zebra Intan juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah Tanah Bumbu.

“Dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, operasi ini mengutamakan prinsip preemtif serta preventif dan memang tidak melibatkan langkah penindakan tilang,” ucapnya.

Kapolres Tanbu menekankan kepada setiap personel untuk melakukan pendekatan yang humanis kepada masyarakat melalui upaya edukasi dan persuasif.

“Kalau ada yang melanggar ditegur dan diberi arahan dengan baik, sehingga tercipta kesadaran yang mendalam akan pentingnya berlalu lintas benar,” jelasnya.

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Tanbu, AKP Guntur Setyo Pambudi, menambahkan pihaknya akan menerjunkan sekira 35 personel dalam operasi Zebra Intan 2021.

“Sekira 35 orang yang kita turunkan. Kita mengedepankan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, juga terkait prokes Covid-19,” tandasnya.

Apel dihadiri oleh unsur forkopimda diantaranya Pemkab Tanbu, Wakil Ketua DPRD Tanbu, Kodim, Lanal, Dishub, Satpol PP dan Damkar, Senkom, serta tamu undangan.