Pemkab Tabalong

Tim Wasev Mabes TNI Cek Program TMMD Ke-115 Kodim 1008/Tabalong di Murung Baru-Pamarangan Kanan

Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 1008/Tabalong mendapat kunjungan dari Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI

Tim Wasev Mabes TNI didampingi Bupati H Anang Syakhfiani dan Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto mengecek pelaksanaan program TMMD ke-115 di Desa Pamarangan Kanan, Tanta. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-115 Kodim 1008/Tabalong mendapat kunjungan dari Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI, Selasa (18/10).

Tim Wasev dipimpin Brigjen TNI Sugeng Hartono meninjau langsung pelaksanaan program TMMD ke-115 di Desa Pamarangan Kanan, Tanta.

Didampingi Bupati H Anang Syakhfiani dan Dandim 1008/Tabalong Letkol Czi Catur Witanto, tim melihat langsung pengerjaan sasaran fisik, di antaranya jalan penghubung Desa Murung Baru-Pamarangan Kanan, bedah rumah tidak layak huni.

Kegiatan dilanjutkan dengan tatap muka bersama masyarakat, memberikan bantuan bakti sosial dan bahan kontak untuk peningkatan gizi stunting berupa sembako serta meninjau pasar murah.

Sebelumnya di Makodim 1008/Tabalong, Dandim memaparkan pelaksanaan program TMMD ke-115 di depan tim, terdiri dari Brigjen TNI Sugeng Hartono yang menjabat Pa Sahli Tk II Kasad Bid Komsos, Mayor Czi Yoghi Hermawan Pabanda Lakswasev Bakti TNI Spaban V/Bakti TNI Sterad dan Kolonel Kav Dicky Armunanto Mulkan, Kasi Ter Kasrem 101/ Ant.

Dalam kunjungannya, Brigjen TNI Sugeng Hartono, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabalong yang berkenan bekerjasama dengan TNI AD dalam rangka mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

"Pemkab Tabalong telah memberikan dana untuk bekerjasama ini sebesar Rp 1,5 milar untuk keperluan program TMMD ke-115 ini," jelasnya.

Kata Sugeng, harapan bersama dengan pembangunan jalan sepanjang 1.020 meter dan juga pembuatan jembatan box culvert, rehab musala, rehab rumah tidak layak huni dan sasaran lainnya dapat mempercepat pembangunan di desa khususnya dalam rangka percepatan kesejahteraan masyarakat.

"Percepatan kesejahteraan masyarakat ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, karena salah satu wajib TNI kita pada poin ke-8 yaitu mengatasi kesulitan dan mempelopori usaha-usaha kesulitan rakyat sekelilingnya," terangnya.

"Ini menjadi pedoman bagi TNI yang terus kita galang, kita maju bersama rakyat, kami berharap kebersamaan kita tetap langgeng membantu rakyat," imbuh Sugeng.

Sugeng juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Tabalong yang telah membantu setiap tahunnya kepada TNI.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, mengucapkan terima kasih kepada pimpinan TNI AD yang menugaskan Brigjen Sugeng Hartono untuk melakukan Wasev.

"Tentu ini merupakan rangkaian kerjasama kita dengan TNI, Insyaallah akan kita lanjutkan dan tahun depan akan saya usahakan dana TMMD akan ditingkatkan supaya lebih banyak lagi sasarannya," katanya.

Menurut Anang, pihaknya sudah merasakan manfaat keberadaan jalan hasil TMMD termasuk karya bakti Kodim, ini kami nilai mempunyai kontribusi besar.

"Nanti kami juga akan terapkan pemikiran Jenderal Sugeng terkait penghijauan, menghidupkan ruang burung, fauna. Insyaallah kita tindak lanjuti," tutupnya.