Pemkab Tanah Bumbu

TFL Harus Miliki Kemampuan dan Keterampilan Manajerial

apahabar.com, BATULICIN – Peran teknis Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) untuk mendukung keberhasilan pembangunan sangatlah besar. Terutama…

Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli, Andi Aminuddin, saat membuka Bimtek TFL Daerah Kabupaten Tanah Bumbu di Hotel Medina, Pagatan, Senin (02/03). Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Peran teknis Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) untuk mendukung keberhasilan pembangunan sangatlah besar.

Terutama dalam pelaksanaan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020 Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi.

Baca Juga: Dinkes Tanbu Sosialisasikan Sistem Surveilans Gizi

“TFL memiliki peran penting. Tugas dan fungsinya menjadi penghubung antara pemerintah dengan masyarakat, sekaligus mitra masyarakat dalam implementasi kegiatan DAK Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi,” ujar Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli, Andi Aminuddin, saat membuka Bimtek TFL Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (02/03) di Hotel Medina, Pagatan.

Menurut Andi Aminuddin, peran TFL mengacu pada keberhasilan pembangunan bukanlah pekerjaan yang mudah dan ringan. Dibutuhkan kemampuan yang memadai baik pengetahuan, keterampilan dan sikap. Terlebih lagi keberadaan fasilitator lapangan di tengah-tengah atau bersama masyarakat.

Ia menyebut hal tersebut sangat ditentukan oleh bagaimana seorang tenaga fasilitator lapangan itu sendiri membawa dirinya serta kesediaan masyarakat untuk menerimanya.

“Bimtek ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya kita meningkatkan kualitas kinerja, pengetahuan dan wawasan, serta skil atau keahlian bagi para tenaga fasilitator lapangan,” jelasnya.

Andi Aminuddin menambahkan prioritas dalam menciptakan TFL harus memiliki kemampuan dan keterampilan manajerial serta memiliki sikap sebagai mitra masyarakat dalam pembangunan untuk mengelola kegiatan DAK Infrastruktur Sub Bidang Sanitasi.

“Saya berpesan kepada seluruh peserta bimtek agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat menghasilkan tenaga fasilitator lapangan yang handal dan professional dalam mendampingi sasaran penerima bantuan yang sudah ditentukan oleh pemerintah daerah,” bebernya.

Ia juga berharap ke depan sarana dan prasarana infrastuktur bidang sanitasi yang dibangun sesuai dengan perencanaan dan terjamin kualitasnya.

“Kita harapkan sesuai dengan yang diinginkan yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bumi Bersujud,” tandasnya.

Baca Juga: Pemkab Tanbu Gelar Rakor Pengawasan Suplai Pupuk dan Pestisida Bersubsidi

Reporter: Syahriadi
Editor: Syarif