Kalsel

Tetap Kondusif Jelang Pelantikan Presiden RI, Polisi bersama Warga Gelar Lomba Mancing

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden RI 2019-2024, aparat kepolisian…

Polres Hulu Sungai Utara gelar lomba mancing dengan warga.Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Jelang pelantikan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden RI 2019-2024, aparat kepolisian di sejumlah daerah memperketat pengawasan guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Tak sedikit aparat kepolisian berseragam lengkap turun ke lapangan untuk mengantisipasi potensi kamtibmas. Berbagai imbauan dan seruan dilontarkan sejumlah pemimpin agar warga tidak mudah terprovokasi melakukan tindakan yang tidak diinginkan.

Namun pemandangan itu seakan tak terlihat di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Bahkan, aparat kepolisian setempat bersama warga menggelar lomba memancing di kolam ikan yang berada di halaman belakang Polsek Amuntai pada Sabtu (19/10).

Acara yang berlangsung siang hingga menjelang waktu sore itu meriah dan penuh kebersamaan para pecinta kail pancing alias mancing mania.

Meski bertajuk lomba, namun jalannya acara jauh dari kesan persaingan. Sembari melempar joran, peserta lomba justru asyik bercanda, saling meledek dan tertawa-tawa melihat ikan yang akan ditangkap malah terlepas.

Bahkan Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Ahmad Arif Sopiyan yang ikut menjadi peserta lomba memancing itu tak jarang mendapat candaan ‘nyeletuk’ dari para peserta. Kesan humanis pun terasa diantara mereka.

Keseruan lomba mancing bertema “Indonesia damai, HSU tentram no rasisme no radikalisme” itu sudah dimulai sejak dibukanya pendaftaran peserta pada pukul 14.00 wita.

Kasat Reskrim Polres HSU Iptu Komaruddin menuturkan, acara yang digagas oleh Kapolres Hulu Sungai Utara AKBP Ahmad Arif Sopiyan ini dilakukan dengan tujuan agar warga menjadi senang dan bahagia, terjalin kebersamaan, kekompakan dan persaudaraan dengan anggota kepolisian.

"Mereka semua kompak dan bahagia. Inilah salah satu misi kami (Polres HSU), menjadikan Kota Hulu Sungai Utara nyaman bagi warga. Terutama jelang pelantikan presiden terpilih," kata Iptu Komaruddin dalam penuturannya kepada apahabar.com

Selain itu, kegiatan tersebut juga dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi, meningkatkan soliditas dan keharmonisan antara personel kepolisian dengan warga. “Sekaligus untuk melatih ketekunan dan kesabaran dalam bentuk memancing ikan,” ucapnya.

Digelarnya acara mancing bersama ini, kata Iptu Komaruddin, menunjukkan bahwa warga Hulu Sungai Utara memiliki jiwa sportifitas dan semangat kebersamaan. Selain itu kegiatan tersebut agar lebih mengena dan dapat selalu dikenang bersama. Meski sederhana akan tetapi bakal dikenang. “Tapi kita tetap siaga satu,” tuturnya.

Ini berarti sejumlah titik strategis tetap dijaga anggota kepolisian jelang dan hingga pelantikan Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Dalam agenda lomba memancing itu, sejumlah pejabat utama Polres HSU juga tidak ketinggalan untuk turut serta memancing. Senyum mengembang disertai tepukan tangan kian menghidupkan suasana ketika salah seorang warga mendapatkan ikan berukuran besar. Bahkan beberapa peserta tidak hanya warga Hulu Sungai saja, melainkan banyak peserta yang berasal dari luar daerah. Salah satunya H. Udin, guru sekolah dasar asal Tanjung.

Baca Juga: Detik-Detik Pelantikan Presiden, 'Lautan Manusia' Berselawat di Pulau Laut

Baca Juga: Sambut Pelantikan Presiden, Bikers Tala Deklarasi Damai

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini