Kalteng

Testing Covid-19 di Kalteng Lampaui Target Nasional

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Salah satu faktor peningkatan angka kasus aktif Covid-19 di Kalteng, disebabkan tingkat…

Oleh Syarif
Sebaran Covid-19 Kalteng. Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Salah satu faktor peningkatan angka kasus aktif Covid-19 di Kalteng, disebabkan tingkat testing juga tinggi, bahkan melebihi nasional.

“Kalau testing nasional ada target 1.000 test per satu juta penduduk per minggu. Ini Kalteng sudah melewatinya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng dr Suyuti Syamsul, Senin (28/12).

Menurut Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Kalteng ini, saat ini hampir semua yang positif merupakan hasil temuan tracing.

“Luar biasa penemuan aktif teman-teman di kabupaten dan kota. Petugas tracing kita sudah melakukannya bahkan yang bukan kontak erat,” ujarnya.

Meskipun angka kesembuhan dari virus corona, sudah lebih tinggi dari konfirmasi positif, tetapi belum bisa dikatakan baik.

Oleh sebab itu, protokol kesehatan masih sangat ampuh untuk mengatasi Covid-19 termasuk varian baru.

Sementara itu dari data terkini perkembangan Covid-19 di Kalimantan Tengah, terjadi penambahan sebanyak 43 orang, sehingga total terkonfirmasi Covid-19, sebanyak 9.488 orang.

Penambahan di Kota Palangka Raya 18 orang, Sukamara 10 orang, Kotawaringin Barat 7 orang, Kotawaringin Timur dan Gunung Mas masing-masing 2 orang serta Lamandau Pulang Pisau, Kapuas dan Murung Raya masing-masing 1 orang.

Sedangkan sembuh, ada penambahan sebanyak 181 orang. Di Kotawaringin Timur 50 orang, Gunung Mas 34 orang, Sukamara 32 orang, Palangka Raya 30 orang, Kotawaringin Barat 17 orang, Kapuas 5 orang, Barito Utara dan Murung Raya masing-masing 4 orang, Barito Selatan 3 orang dan Katingan 2 orang.