Ujian Praktik SIM

Tes SIM Letter S Hari Pertama, Keberhasilan Peserta SIM C Capai 98 Persen

Adapun ujian praktik Letter S tersebit mulai diberlakukan pada Senin ini. Hasilnya jauhlebih baik dari model materi praktik sebelumnya,

Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpasim) Polda Metro Jaya di jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat merubah lintasan ujian praktik sepeda motor yang mulanya Zig-zag dan angka 8 menjadi letter S. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

apahabar.com, JAKARTA - Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpasim) Polda Metro Jaya di jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat telah merubah lintasan ujian praktik sepeda motor yang mulanya zig-zag dan angka 8 menjadi letter S.

Adapun ujian praktik Letter S tersebit mulai diberlakukan pada Senin 7 Agustus 2023 hari ini.

Bamin Praktek Aiptu Wiguna mengatakan tercatat, sebanyak 346 peserta uji SIM C dinyatakan lulus dari total 350 pendaftar.

"Khusus ujian praktik, yang daftar hari ini kira-kira 350, terus yang gagal 4 orang, total yang lulus hari ini jadi 346," ujar Wiguna di Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat, Senin.

Baca Juga: Perpanjang SIM Cepat di Jakarta, Bisa Datang ke 5 Lokasi Ini

Wiguna mengatakan dengan adanya perubahan tersebut menyebabkan lonjakan tinggi peserta uji SIM yang lulus.

Trek sulit zig-zag dan angka 8 tidak lagi diadakan dan diganti dengan Letter S yang lebih mudah

Wiguna mengatakan bagi mereka yang tidak lulus, peserta ujian diperbolehkan mengulang di hari yang sama dan bisa berlatih di kawasan Satpasim di hari libur.

"Yang tidak lulus diberi kesempatan mengulang pada hari yang sama. Umpamanya hari ini gagal, diberi kesempatan mengulang sekali lagi," ujarnya.

"Tapi kalau memang dia nggak bisa lagi, nggak lulus diberi kesempatan untuk berlatih hari minggu, atau berlatih hari sabtu," tambahnya.

Baca Juga: Motor Besar Pakai SIM C1, Pakar Safety: Pastikan Infrastruktur Siap

Di sisi lain, salah satu pendaftar Uji SIM C Bayu Yuda Permana asal Tangerang (24) mengaku sangat musah dengan trek baru Letter S yang dihadirkan,

"Gagal tuh yang agak sulit itu angka 8 itu, soalnya gak boleh turun kakinya. kalau yang ini (lintasannya) agak mudah sih enak, jadi gak terlalu rumit juga," ujarnya.

Bayu menambahkan, dengan adanya lintasan baru ini dinilai akan memudahkan masyarakat.

"Meringankan banget, ya gak terlalu rumit aja gampang, jadi gak usah ribet," ujarnya.