Terima Tiga Laporan Dalam Sehari, Damkar Tapin Evakuasi Biawak hingga Kobra

Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tapin patut diapresiasi atas aksi penyelamatan hewan liar, dalam sehari pihaknya berhasil evakuasi biawak dan dua ular,

Oleh Sandy
Tim Animal Rescue Damkar Tapin saat mengevakuasi binatang liar di TK Pembina, Kelurahan Rangda Malingkung. Foto: Damkar Tapin

bakabar.com, RANTAU - Hanya dalam sehari, Pemadam Kebakaran (Damkar) Tapin melakukan tiga aksi penyelamatan hewan liar, Kamis (26/9).

Hewan yang diselamatkan pun bukan piaraan dan berpotensi mengancam keselamatan manusia seperti biawak, ular kobra dan ular tambang (dendrelaphis pictus) di Kecamatan Tapin Utara.

"Evakuasi dilaksanakan berdasarkan laporan warga yang diterima via WhatsApp. Diawali laporan evakuasi biawak yang berkeliaran di TK Dharma Wanita di Jalan MTQ, Rangda Malingkung," papar Rahmat Hidayat, salah seorang anggota piket Damkar Tapin. 

Selanjutnya warga melaporkan keberadaan ular kobra di Kompleks Labuhan Permai, Rangda Malingkung, "Ular yang dikenal mematikan ini juga berhasil diamankan," jelas Rahmat.

Terakhir Damkar Tapin mengevakuasi ular tambang di Perumnas Dulang, Rantau Kiwa. Meski tidak berbisa, ular jenis ini tetap mengkhawatirkan warga. 

"Keberhasilan dalam ketiga misi tersebut tidak terlepas dari kesiapan tim anggota dan dukungan penuh masyarakat," beber Rahmat.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan segera melapor kalau menemukan hewan liar berbahaya di lingkungan sekitar," pungkasnya.