Kalsel

Terima Kunjungan IMM Banjarmasin, Kapolresta Banjarmasin Jelaskan Aturan Penyampaian Aspirasi

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto menerima kunjungan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Banjarmasin,…

Kombes Pol Sumarto menerima kunjungan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Banjarmasin, Jumat (13/12) siang. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto menerima kunjungan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Banjarmasin, Jumat (13/12) siang.Hal tersebut dilakukan, guna membangun atau menjalin silaturahmi antara kepolisian dan mahasiswa di Kota Seribu Sungai ini.

Ketua Umum IMM kota Banjarmasin, Himawan Akhmad Sholihin mengaku senang dan mengapresiasi Kapolresta yang bersedia menyambut kedatangan rombongannya.

Menurut Himawan kedatangan pihaknya bukan hanya untuk memperkenalkan kepengurusan baru IMM Banjarmasin, namun juga meminta Kapolresta Banjarmasin untuk menjadi pembicara dalam pelantikan kepengurusan baru IMM pada pertengahan Januari 2020 mendatang.

"Sebuah kehormatan bagi kami karena Bapak mau menerima kunjungan kami. Dan kami harap bapak dapat memenuhi undangan pelantikan pengurus IMM," ujar Himawan.

Dalam kesempatan itu, Sumarto menyampaikan tentang tugas-tugas kepolisian, yang antara lain memelihara Kamtibmas melindungi mengayomi dan melayani masyarakat, termasuk dalam pengamanan aksi unjuk rasa.

Kepada para mahasiswa, ia menerangkan bagaimana tahapan dan tatacara penyampaian aspirasi yang baik.Mulai dari adanya surat pemberitahuan 3×24 sebelum dimulainya aksi hingga ketertiban selama jalannya aksi.

"Kita pastikan polisi akan bekerja sesuai dengan SOP dan mengedepankan negosiasi dilapangan untuk menghindari bentrokan," ujar Kapolresta yang didampingi Kabag Ops, KompolRizali dan KasatIntelkam, KompolZainuri.

Dirinya juga mengingatkan kepada para mahasiswa kalau menyampaikan aspirasinya agar dilandasi etika yang baik, serta sasaran aksi jangan terlalu banyak dan waktunya jangan terlalu lama serta jumlah massa juga tidak terlalu banyak,

“Kedepannya alangkah baiknya aksi dilakukan dengan caraberaudensi,” harapnya.

Diakhir pertemuan Kapolresta Banjarmasin mengucapkan bela sungkawa terhadap kader IMM yang meninggal di Kota Kendari.

Baca Juga: Merawat Bahasa Banjar di Lintas Zaman, Akankah Kokoh Seperti Betawi?

Baca Juga: Warga Gambut Geger, Mayat Ditemukan dalam Sungai Buatan

Baca Juga: Kunker ke Bukittinggi, Bamus DPRD Banjarmasin Belajar Surat Pengaduan

Baca Juga: DPR RI Fokus Godok RUU Farmasi, Lutfi: Kita Sampaikan Aspirasi Mahasiswa

Reporter: Riyad Dafhi R.
Editor: Muhammad Bulkini