Telan Rp121 Miliar, Pembangunan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari sudah 97 Persen

Ditarget rampung akhir Desember 2024, pembangunan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari terus dikebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan

Penampakan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari. Foto: Dinas PUPR Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Ditarget rampung akhir Desember 2024, pembangunan Masjid Syekh Arsyad Al-Banjari terus dikebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan.

Progres pembangungan masjid yang terletak di kawasan perkantoran Gubernur Kalsel ini sudah mencapaj 97 persen.

Masjid ini menelan anggaran sebesar Rp121 miliar. Pembangunan masjid megah ini diharapkan selesai sesuai target.

Menjadi salah satu ikon keagamaan dan pusat aktivitas muslim di kawasan tersebut, masjid tersebut didedikasikan untuk menghormati Syekh Arsyad Al-Banjari yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Nusantara.

"Bangunan utama sudah selesai. Tinggal pengerjaan plafon," jelas Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Yulianti Erlynah, Rabu (25/9).

Masjid megah ini berkonsep lahan terbuka. Direncanakan di sekitar tempat ibadah akan dibangun kolam atau embung untuk sekaligus menampung air.

"Sekarang tengah pengerjaan lanscape dan sudah mencapai 21 persen. Adapun peresmian akan dilakukan oleh Guberbur Kalsel di akhir tahun 2024," imbuh Yulianti.

Pembangunan masjid ini diharapkan masyarakat sekitar dan pegawai di Pemprov Kalsel tidak lagi harus jauh-jauh mencari tempat ibadah.