Piala AFF 2022

Tekuk Kamboja, Bekal Awal Timnas Indonesia untuk Lolos Grup A Piala AFF 2022

Timnas Indonesia berhasil memenangkan laga perdana di Piala AFF 2022, setelah mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 2-1.

Selebrasi Witan Sulaeman setelah mencetak gol kedua untuk Timnas. Indonesia menang 2-1 atas Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022. (Foto: Twitter @pssi)

apahabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil meraih poin penuh saat melakoni laga perdana di Piala AFF 2022, setelah mengalahkan Kamboja dengan skor tipis 2-1.

Bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (23/12) sore, Timnas menang lewat gol yang dicetak Egy Maulana Vikri (7), dan Witan Sulaeman (34), sementara satu gol tim nasional Kamboja dilesatkan oleh Saret Krya (15).

Kemenangan ini sebagai bekal awal Indonesia untuk lolos penyisihan Grup A. Saat ini Timnas masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan torehan tiga poin, namun baru satu pertandingan yang mereka lakoni.

Sedangkan kekalahan ini membuat Kamboja turun ke peringkat keempat klasemen sementara Grup A dengan torehan tiga poin dari dua pertandingan.

Sementara itu pada pertandingan lainnya di Grup A, Filipina sukses membantai Brunei Darussalam dengan skor 5-1 di Stadion Rizal Memorial, Jumat (23/12).

Kemenangan ini membuat Filipina naik ke peringkat kedua klasemen Grup A dengan torehan tiga poin dari dua pertandingan yang dilakoni.

Kini posisi puncak klasemen Grup A masih dikuasai oleh Thailand usai menang 5-0 atas Brunei di laga perdana pada Selasa (20/12) lalu.

Selanjut Timnas Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada Senin (26/12/2022) mendatang.

Jalannya Laga

Melakoni laga sebagai tim tuan rumah di Stadion Gelora Bung karno, Senayan, Jakarta, Indonesia berhasil membuka keunggulan saat laga baru memasuki menit ke-7.

Egy Maulana Vikri mencetak gol perdana Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 setelah meneruskan umpan Arhan Pratama, Indonesia unggul 1-0.

Kamboja mampu menyamakan angka menjadi 1-1 pada menit ke-15, melalui pemain gelandang Saret Krya.

Terus menyerang, Timnas Garuda kembali unggul di menit 34. Melalui skema serangan balik cepat, Witan Sulaeman mampu menjebol gawang Kamboja yang dikawal Keo Soksela, dan menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 bagi Indonesia.

Di awal babak kedua, anak asuh Shin Tae-yong kembali menciptakan peluang emas ketika Witan mampu melewati lini belakang terakhir Kamboja. Sayang sepakan Witan masih sedikit melebar di sisi kanan gawang Kamboja.

Memiliki keunggulan satu angka, Skuat Garuda mencoba memainkan tempo permainan, dan berusaha mengusasai lini tengah.

Tim nasional Kamboja hampir membuat permainan menjadi sama kuat saat laga memasuki menit ke-57.

Penyerang pengganti Kamboja, Sa Ty melakukan sepakan keras ke arah gawang Indonesia, beruntung Asnawi masih mampu menghalau bola.

Timnas Garuda kembali membuat peluang pada menti ke-69. Kali ini Yakob Sayuri mencoba peruntungan dengan sepakan terarah ke kiri gawang Kamboja, namun masih melebar.

Peluang emas kembali tercipta untuk Timnas, setelah mendapatkan tendangan bebas akibat pelanggaran terhadap Marselino, tepat di luar kotak penalti di menit 71.

Sayang tendangan yang dilakukan Saddil Ramdhani masih membentur pemain Kamboja, dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Memasuki 10 menit jelang berakhirnya laga, tempo permainan Timnas Indonesia semakin melambat. Sementara Kamboja yang masih tertinggal satu angka terus mencoba mencuri bola dari para pemain Garuda.

Menit ke-82, Dendy Sulistyawan yang barus masuk menggantikan Witan, mengancam gawang Kamboja dengan sentuhan pertamanya. Namun kiper Keo Soksela bermain cukup apik dan menepis bola keluar lapangan, hingga hanya berbuah tendangan penjuru untuk Indonesia.

Memasuki babak tambahan, Edo memiliki peluang emas, namun sepakan kerasnya masih berhasil digagalkan oleh Keo Soksela pada menit 92.

Tidak ada gol tercipta sepanjang babak kedua, dan skor 2-1 menutup kemenangan tipis Indonesia di laga perdana Piala AFF 2022 atas Kamboja.

Klasemen Piala AFF 2022

Grup A

1. Thailand 3 poin

2. Filipina 3

3. Indonesia 3

4. Kamboja 3

5. Brunei 0

Grup B

1. Vietnam 3

2. Malaysia 3

3. Singapura 0

4. Myanmar 0

5. Laos 0