Tekan Pelanggaran Lalulintas di Tabalong, Operasi Zebra Intan Digelar Dua Pekan

Mulai hari ini tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024 Operasi Zebra Intan dilaksanakn di wilayah hukum Polres Tabalong.

Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo J menyematkan tanda anggota Operasi Zebra Intan 2024. Foto - Humas Polres Tabalong

bakabar.com, TANJUNG – Mulai hari ini tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024 Operasi Zebra Intan dilaksanakan di wilayah hukum Polres Tabalong.

Operasi tersebut mengedepankan kegiatan edukatif  dan  persuasif serta humanis didukung penegakkan hukum secara elektronik baik statis maupun mobile berupa teguran simpatik.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka cipta kondisi keamanan keselamatan ketertiban kelancaran lalulintas (kamseltibcarlantas) menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih pada Pemilu Tahun 2024.

"Operasi Zebra Intan 2024 juga bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran dan angka fatalitas kecelakaan," kata Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo J melalui PS Kasi Humas Iptu Joko Sutrisno, Senin (14/10).

Dijelaskan Joko, pada operasi tersebut ada 7  prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran, di antaranya  pengemudi atau pengendara motor yang menggunakan hanphone saat berkendara, pengemudi atau pengendara ranmor yang masih di bawah umur, pengendara sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu.

Kemudian pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm atau tidak menggunakan sabuk pengaman, pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.

"Termasuk pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus serta pengemudi atau pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan," ungkapnya.

Joko berharap dengan pelaksanaan operasi ini dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

"Juga meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas guna mewujudkan situasi kamseltibcar lantas di wilayah hukum polda kalimantan selatan," harapnya.

Sementara itu, Operasi Zebra Intan di Tabalong dimulai dengan apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Tabalong.

Apel sendiri diikuti ratusan personel gabungan dari Perwira Polres Tabalong, Subden POM Tabalong,  Kodim 1008 Tabalong, Kompi 2 Yon B Sat Brimob Polda Kalsel , Dishub Tabalong, Pol PP dan Damkar Tabalong dan seluruh  Personil Polres Tabalong.

Turut hadir pada apel tersebut, Pj Bupati Tabalong Hj Hamida Munawarah bersama tamu undangan lainnya.