Tak Berkategori

Tasya Bersyukur Ada Pelayanan Kependudukan di Program Manunggal Tuntung Pandang

apahabar.com, PELAIHARI – program Manunggal Tuntung Pandang (MTP) yang digagas Pemkab Tanah Laut rupanya benar-benar membawa…

Bupati Sukamta saat menyaksikan Pelayanan di acara Manunggal Tuntung Pandang Desa Tirta Jaya Kecamatan Pelaihari. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – program Manunggal Tuntung Pandang (MTP) yang digagas Pemkab Tanah Laut rupanya benar-benar membawa manfaat untuk masyarakat.

Anastasya, warga RT 01 Desa Tirtajaya, mengaku bersyukur program yang tengah digelar di desanya itu membawa manfaat besar bagi dirinya dan warga sekitar.

"Tadi saya mengurus Kartu Keluarga, Mas. Ada data yang salah. Jadi tadi dibenarkan. Alhamdulillah langsung selesai pelayanannya, cepat dan sangat ramah," ujar Tasya, Jumat (14/02) lalu.

Baca Juga: Hijaukan Lingkungan RSUD Hadji Boejasin, Jajaran Pemkab Tala Tanam Pohon

Kesalahan data pada KK milik Tasya sebenarnya sudah lama terjadi. Namun, ia mengaku belum memiliki waktu untuk mengurus ke Kantor Disdukpencapil Tala. “Karena setiap hari harus pergi ke kebun,” ungkapnya.

"Kalau ke kantornya langsung mana sempat, karena saya hampir tiap hari ke kebun. Jarak ke Pelaihari juga lumayan, ‘kan? Apalagi saya juga punya anak kecil. Program MTP ini sangat membantu," tambahnya.

Selain menikmati pelayanan kependudukan dari Disdukpencapil Tala, di MTP ini Tasya juga membeli sembako dengan harga terjangkay di Pasar Murah yang disediakan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Tala.

Tak hanya pelayanan kependudukan dan pasar murah, acara MTP Desa Tirtajaya juga menggelar pelayanan kesehatan gratis, sunatan masal, pelayanan pembayaran PBB, pelayanan KB, serta pelayanan lainnya.

Menurut Sukamta, program MTP selain untuk mendekatkan jajaran Pemkab Tala dengan masyarakat desa, juga berfungsi sebagai sarana pemda memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat.

"Ini adalah salah satu bukti, pemda langsung hadir ke masyarakat desa memberikan pelayanan secara langsung," katanya.

Ia mengajak seluruh pejabat di SKPD Lingkup Pemkab Tala untuk mengikuti program MTP ini. "Sengaja kita ajak para pejabat. Jadi kalau ada permasalahan di desa, bisa dengar aspirasinya dan didiskusikan bersama," tandasnya.

Baca Juga: Sukamta Minta Ada Inovasi dalam Penyusunan RKPD 2021

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela