Kalsel

Tangkapan Nelayan Lokal Berkurang, Kapolres Kotabaru Instruksikan Anggotanya Tindak Tegas Kapal Cantrang

apahabar.com, KOTABARU – Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Harisada Siregar, mengintruksikan ke anggotanya untuk menindak…

Kapolres Kotabaru, didampingi Kapolsek, dan Kasat Polair saat temu warga di Kelumpang Utara. Foto: Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Harisada Siregar, mengintruksikan ke anggotanya untuk menindak tegas kapal cantrang yang beroperasi di kawasan perairan Bumi Sa Ijaan.

Langkah tersebut, menurut Kapolres, sebagai langkah sekaligus menjawab atas keluhan dan keresahan para nelayan ihwal masih adanya kapal cantrang yang beroperasi di perairan Kelumpang Utara.

Akibatnya, pendapatan nelayan lokal atau nelayan Kotabaru yang hanya menggunakan alat tangkap tradisional menjadi berkurang, sehingga perlu adanya tindakan tegas.

“Jadi, saya minta Kapolsek, dan Kasat Polair, agar menindak tegas, kapal-kapal nelayan beroperasi di Kotabaru yang tidak sesuai aturan,” pinta Gafur, sesaat usai temu warga dan nelayan di Kelumpang Utara, baru tadi.

Saat itu, Kapolres bersama jajaran menemui sejumlah tokoh-tokoh masyarakat untuk berdialog terkait keluhan maupun harapan warga terhadap institusi Polri.

Kegiatan tersebut merupakan agenda dinamai ‘Temu Warga’, sekaligus tindak lanjut dari instruksi Kapolri. Isinya, Kapolri memerintahkan seluruh jajaran Polri untuk turun mendengarkan langsung perihal keluhan-keluhan masyarakat.

Salah satu yang ditemui Kapolres, ialah para nelayan di Kecamatan Kelumpang Utara, Kotabaru.

Mayoritas nelayan di sana, mengeluhkan adanya kapal cantrang yang beroperasi di perairan Kelumpang Utara sehingga membuat pendapatan nelayan lokal dan tradisional berkurang.

Di sela pertemuan, Kapolres juga menyempatkan bertemu dengan tokoh agama, Guru Thohir, sekaligus pimpinan Ponpes Nurul Rabi, di Desa Tanjung Batu, Kelumpang Utara.

Di hadapan Kapolres, Guru Tohir, menyampaikan bahwa hubungan warga dengan pihak Kepolisian di Kotabaru sangat erat.

“Sejauh ini, kami menilai anggota Polres Kotabaru selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dan turut menyelesaikan sekecil apapun permasalahan yang terjadi,” pungkas Guru Tohir.

Sementara, di tempat berbeda, Kabag Ops Polres Kotabaru, Kompol Sofyan, melaksanakan hal yang sama. Ia juga menemui tokoh agama untuk mendengarkan aspirasi dan harapan terhadap Polres Kotabaru.