Tak Berkategori

Tanggap Darurat Bencana, Rumah Zakat Kirimkan Relawan Bantuan

apahabar.com, BANJARMASIN – Gelombang tsunami menerjang pesisir Banten bagian barat dan sebagian wilayah di Lampung Selatan,…

Rumah Zakat petakan lokasi tempat pengungsi pasca bencana tsunami terjadi. Foto – Humas

apahabar.com, BANJARMASIN – Gelombang tsunami menerjang pesisir Banten bagian barat dan sebagian wilayah di Lampung Selatan, berasal dari perairan Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018). Korban meninggal dunia, kehilangan serta kerugian pun tak bisa ditutup tutupi.

Merespon kejadian bencana ini, Rumah Zakat Action yang merupakan unit Penanggulangan Bencana Rumah Zakat, menerjunkan 50 relawan evakuasi sekaligus mengirimkan bantuan sejak hari pertama bencana terjadi.

“Rumah Zakat Action telah menyiapkan program Penanggulangan Bencana berdasarkan fase dan jangka waktu yang ditetapkan pemerintah setempat. tahapan aksi pada fase tanggap darurat, fase transisi dan fase recovery yang merupakan program pemberdayaan berkelanjutan," ujar Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat dalam siaran persnya.

Baca Juga:Sambut Kunjungan Polda Kalsel , Begini Pose Lima Polwan Cantik Lengkap dengan Senjata Serbu

Aksi yang dilakukan saat ini katanya meliputi, evakuasi korban, rapid assessment, layanan medis, pendistribusian logistik serta penyiapan dapur umum.
Sejumlah 4 armada ambulan disiagakan dilokasi, dibantu dengan 7 unit kendaraan roda dua dan empat untuk membantu proses distribusi dan layanan bagi warga.

Pos segar dan pos hangat bagi para penyintas dan aparat serta relawan menjadi pelengkap yang turut dihadirkan untuk meringankan dan memberikan energi ditengah situasi tanggap darurat ini.

"Kondisi evakuasi yang masih berjalan, serta kerusakan rumah dan beberapa fasilitas publik menyebabkan relawan terkonsentrasi untuk proses evakuasi serta menyebabkan pengungsi dibeberapa titik lokasi. Kebutuhan logistik yang saat ini perlukan terdiri dari:makanan, alas tidur, selimut, kebutuhan bayi, dan bantuan medis" pungkas Murni.

Baca Juga:Penyandang Disabilitas Menerima Bantuan Saat Natal

Untuk kebutuhan pelayanan, Rumah Zakat Action membuka posko utama yang berada di Masjid Nurul Hidayah Jl. Raya Labuan – Tanjung Lesung. Kp. Tarogong Ds. Margadana Kec. Pagelaran Banten dan Pos Kemanusiaan Tsunami Lampung Selatan di Way Muli Timur Kec. Rajabasa Lampung Selatan.

Disamping itu Rumah Zakat menyiapkan 5 pos pendukung, yaitu: kantor Cabang Cilegon Jl. Letjend R Soeprapto No 25 G Cilegon, Kantor Cabang Bandar Lampung Jl. Jend Sudirman No 59 Kota Bandar Lampung, Rumah Zakat Tangerang Ruko Victoria Park Jl. Imam Bonjol Blok A2 No. 19A Tangerang, Kp. Angsana Desa Angsana kec. Angsana, Masjid RS Krakatau Medika Cilegon, posko Sumur Kp.paniis desa Cigarondong Kec Sumur -pandeglang.

Baca Juga:BPBD Tapin Family Gathering ke Loksado

Sementara itu, Branch Manager Rumah Zakat Kalimantan Selatan Muhammad Luthfi Alfin mengatakan sudah banyak para donatur yg berdonasi untuk Aksi Peduli Bencana Selat Sunda melalui Rumah Zakat Kalsel. “Masyarakat bisa ikut membantu dan peduli melalui Rekening resmi yang Rumah Zakat sediakan, bisa melalui link donasi online.

https://sharinghappiness.org/MariBantuKorbanTsunamiSelatSund atau langsung ke kantor Rumah Zakat Kalsel di Jl. Sultan Adam samping Komplek Arrahim 1 Seberang Masjid Arrahim. “Kami juga menyediakan layanan WA Center di 081350050215”, tambahnya kembali.

Reporter : Bahaudin Qusairi
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin