Kalsel

Tanbu dan Kotabaru Patut Waspada Terkait Cuaca Kalsel Hari Ini

apahabar.com, BANJARMASIN – Cuaca Kalsel hari ini didominasi hujan lokal. Meski begitu, warga di Tanah Bumbu…

Ilustrasi Cuaca. Foto-apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Cuaca Kalsel hari ini didominasi hujan lokal. Meski begitu, warga di Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kotabaru diimbau waspada.

Sejak pagi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lokal bakal mengguyur hampir seluruh 13 kab/kota.

Kecuali Amuntai (Hulu Sungai Utara), Barabai (Hulu Sungai Tengah), Batulicin (Tanah Bumbu), Paringin (Balangan) dan Tanjung (Tabalong). Pasalnya suhu udara diprakirakan cerah berawan.

Kendati demikian, pada siang hari, BMKG memprakirakan seluruh wilayah itu juga akan diguyur hujan lokal.

Bahkan, berdasarkan data BMKG menunjukkan awan hitam disertai petir nampak di langit Batulicin dan Kotabaru.

Kemungkinan hujan lebat akan turun di sana. Diperkirakan mulai pukul 14.00. Tak hanya itu kecepatan angin diprediksi mencapai 10 km/jam.

Karena itu, BMKG mengimbau warga di sana untuk waspada.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang hingga malam hari di Wilayah Kab Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, dan sekitarnya,” demikian peringatan dini BMKG, Rabu (26/2).

Hujan lokal masih terpantau pada malam hari. Kecuali Tanjung, Paringin, Kandangan (Hulu Sungai Selata) dan Barabai.

Cuaca benar-benar bebas dari hujan pada dini hari nanti. Pasalnya dari data BMKG langit di 13 kab/kota Kalsel terpantau cerah berawan.

Secara umum suhu udara Kalsel berada di kisaran 24-33 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban antara 60-95 persen.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin