Tanam Pohon di Sungai Arfat, Cara Dishut Kalsel Tingkatkan Cadangan Karbon

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Dishut Kalsel) melaksanakan program penanaman pohon di kawasan Sungai Arfat, Senin (14/10)

Penanaman pohon untuk meningkatkan cadangan karbon. Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, MARTAPURA - Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan melaksanakan program penanaman pohon di kawasan Sungai Arfat, Banjar, Senin (14/10).

Tujuannya sebagai upaya meningkatkan cadangan karbon dan mengurangi dampak perubahan iklim. Penanaman ini merupakan bagian dari inisiatif untuk mengembalikan fungsi hutan dan menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tersebut.

Program ini diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap penyerapan karbon, mengurangi erosi tanah, serta meningkatkan kualitas udara dan keanekaragaman hayati.

"Kegiatan ini juga melibatkan masyarakat setempat dalam rangka meningkatkan kesadaran lingkungan dan memastikan keberlanjutan program penghijauan," papar Kadishut Kalsel, Fatimatuzzahra.

"Kami akan membuat 350 hektare jadi hutan rakyat di lima lokasi KTH. Fungsinya untuk meningkatkan cadangan karbon," sambungnya.

Dalam pelaksanaan penanaman per 25 hektare, Dishut Kalsel membuat jalan inspeksi untuk memudahkan pemeliharaan. Kemudian kalau dijadikan area wisata, jalan dapat digunakan para pengunjung.

Dishut Kalsel akan terus melaksanakan penanaman secara masif dan terstruktur di seluruh kabupaten atau kota, bahkan desa.