Tampung Puluhan Juta Liter Air, Embung di Cempaka Banjarbaru Diklaim Mampu Tangkal Banjir

Embung di Gunung Kupang Cempaka Banjarbaru diklaim mampu menanggulangi banjir karena dapat menampung hingga 30 juta liter air. 

Wali Kota Banjarbaru saat beraudiensi dengan warga Cempaka Banjarbaru. Foto-apahabar/Fida

apahabar.com, BANJARBARU – Embung di Gunung Kupang Cempaka Banjarbaru diklaim mampu menanggulangi banjir karena dapat menampung hingga 30 juta liter air. 

Wali Kota Banjarbaru, M Aditya Mufti Ariffin menyampaikan, pembangunan embung di sana sedang dalam proses. 

"Jadi kenapa posisinya di Gunung Kupang? Karena menurut kajian, sebagian air yang turun ke daerah Cempaka ini dari Gunung Kupang," katanya dalam audiensi bersama masyarakat di Kecamatan Cempaka, Selasa (17/10).

Atas dasar kajian tersebut, Embung di Gunung Kupang dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare. 

"Kedalamannya juga cukup dalam, insya Allah sekitar 30 juta liter air akan tertampung di embung Gunung Kupang, kalau di sana tertampung, insya Allah akan berkurang debit air yang datang ke Cempaka," ucap Ovie sapaan akrabnya. 

Disampaikannya kepada warga, selain menanggulangi banjir, Pemkot Banjarbaru juga berupaya menanggulangi kejadian kebakaran yang kerap terjadi di Cempaka dengan menghibahkan mobil Pemadam Kebakaran (Damkar). 

"Insya Allah di bulan ini datang mobil rescue. Tahun depan kita membeli lagi 2 unit mobil Damkar, dan mobil Damkar yang terdahulu insya Allah salah satunya kita hibahkan ke Cempaka," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ovie juga memperkenalkan aplikasi Idaman Publik dan Idaman Office kepada warga Cempaka, agar warga semakin mudah mendapatkan pelayanan via aplikasi.