Tokoh Inspiratif

Tampil bak Fotografer di G20, Ini Fakta Unik Menteri PUPR Basuki yang ‘Low Profile’

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, tengah mencuri perhatian publik. Betapa tidak, dirinya tampil bak fotografer saat menghadiri gelaran G20 di Bali.

Basuki Hadimuljono tampil 'low profile' di gelaran G20 (Foto: dok.MSN)

apahabar.com, JAKARTA - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, tengah mencuri perhatian publik. Betapa tidak, alih-alih memakai setelah jas rapi saat menghadiri gelaran G20 di Bali, dirinya malah bergaya bak fotografer.

Pak Bas, begitu sapaannya, kedapatan menjadi ‘fotografer dadakan’ yang mengabadikan momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau kawasan konservasi Mangrove Tahura bersama tamu G20. 

Persis fotografer sungguhan, Basuki tampil dengan mengalungi kartu pers wartawan sembari membopong kamera berlensa tele. Gaya berpakaiannya pun begitu mendukung ‘profesi’ baru tersebut: mengenakan kemeja putih dengan topi terbalik. 

Tingkah Basuki yang demikian, rupanya, bukanlah yang kali pertama. Dirinya diketahui pernah melakukan hal serupa kala menjajaki sebuah prosesi di Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Presiden Jokowi.

Masih berbekal kamera dengan lensa tele, pria kelahiran Surakarta 68 tahun silam itu aktif mengabadikan momen penyerahan, juga penyatuan tanah dan air dari kepala daerah pada presiden.

Bukan cuma itu saja, masiha da sederet kebiasaan Basuki yang membuatnya terkenal sebagai sosok nyentrik lagi low profile. Merangkum berbagai sumber, berikut ulasannya:

Masih Gunakan Ponsel Jadul

Di tengah gempuran teknologi dalam genggaman, Basuki justru masih menggunakan ponsel lawas alias jadul bermerek Nokia. Hal itu sempat terungkap ketika dirinya tertangkap kamera mengangkat telepon di tengah sesi wawancara bersama presiden di IKN.

Basuki pun pernah mengonfirmasi soal ponsel jadulnya. Dia mengaku tak memiliki ponsel pintar lantaran tidak terlalu ‘hobi’ memainkannya. “Saya tahu power-nya digital equipment itu, tapi saya enggak terlalu hobi main itu. Jadi handphone saya masih Nokia,” ujarnya.

Tak Punya WhatsApp

Barangkali karena ponselnya jadul, sebab itu pula lah Basuki tak punya WhatsApp. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, yang mengaku sulit berkomunikasi dengan Menteri PUPR.

Kabarnya, Basuki hanya bisa dihubungi melalui pesan singkat alias SMS. “Dia satu-satunya menteri yang enggak pakai WA. Jadi masih SMS, kalau yang lain WA,” beber sang menteri yang akrab disapa Ani itu.

Gemar Bermain Drum

Tampil di berbagai kesempatan sambil membawa kamera, bisa dibilang Basuki memiliki hobi fotografi. Selain itu, rupanya dia juga gemar bermain drum. Aksinya kala menabuh drum pun beberapa kali tertangkap kamera.

Misalnya saja pada 2020 lalu, Basuki kedapatan unjuk gigi memainkan drum pada sidang terbuka Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka pemberian gelar Honoris Causa di bidang di bidang pengembangan, pembangunan, dan pengelolaan infrastruktur untuknya.

Demikianlah sekilas fakta unik mengenai Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang baru-baru ini mencuri perhatian dengan gaya bak fotografernya.