Tak Berkategori

Tambah Dua Armada, Angkutan Gratis Belum Mampu Jangkau Seluruh Tabalong

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong mendapat penambahan dua armada angkutan gratis dari PT Saptaindra Sejati…

Kadishub Tabalong, Tumbur P Manalu, saat memberikan penjelasan terkait angkutan gratis bagi pelajar dan masyarakat. Foto-apahabar.com/M. Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong mendapat penambahan dua armada angkutan gratis dari PT Saptaindra Sejati (SIS), Senin (14/2).

Bertambah dua, kini angkutan yang dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Tabalong menjadi 43 unit. Namun demikian, jumlah tersebut belum mampu untuk melayani seluruh wilayah Kabupaten Tabalong.

“Saat ini memang jumlah angkutan yang ada bisa dikatakan belum mampu untuk melayani seluruh permintaan masyarakat pada 12 kecamatan,” kata Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu.

Terkait bantuan SIS, Dishub Tabalong akan mengoperasikannya untuk rute tersendiri.

“Sejauh ini belum kita tentukan rutenya,karena kami memenuhi administrasinya dan kelengkapan surat menyuratnya,” jelas Tumbur.

Tumbur mengtakan pihaknya akan melakukan sistem jemput bola. Kawan-kawan di bidang angkutan sudah melakukan koordinasi ke kecamatan-kecamatan.

“Kami juga mengumpulkan data-data permohonan dari pihak sekolah,” sebutnya.

“Jadi kita evaluasi sejauh mana rute yang sudah ada, apakah itu masih dibutuhkan sesuai kondisi yang ada, selanjutnya kita sesuaikan dengan usulan yang diminta masyarakat,” sambung Tumbur.

Setelah dilakukan evaluasi, lanjut Tumbur, semoga dalam waktu dekat ini khususnya untuk rute pelayanan jasa angkutan tersebut atau Trayek di wilayah Utara dan Selatan Tabalong bisa dipenuhi. Karena trayek Utara dan Selatan sebenarnya masih banyak permintaan masyarakat untuk menjangkau keinginan pelajar berada di luar trayek.

“Biasanya keinginan tersebut muncul di luar trayek. Kalau di dalam trayek tidak ada masalah, dan yang banyak ini permintaan di luar trayek,” bebernya.

Untuk bisa melayani seluruh kecamatan di Tabalong, Pemkab setempat masih membutuhkan penambahan mobil angkutan.

Untuk itulah Tumbur berharap perusahaan-perusahaan atau lembaga lainnya bisa memberikan bantuan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami memohon dukungan untuk membantu program Layanan Angkutan Masyarakat Tabalong Nyaman dan Gratis (Langsat Manis) bisa berkembang dan sepenuhnya dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya.