Ruang Ketiga

'Taman Kebugaran' Kelurahan Ancol Lengkap dengan Alat Fitness Outdoor

Pihak Kelurahan Ancol meresmikan ruang ketiga bernama Taman Kebugaran di halaman Kantor Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, pada Selasa (21/3).

Taman Kebugaran di lingkungan kantor Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dapat dimanfaatkan warga untuk berolahraga, Selasa (21/3). (Foto: apahabar.com/Ryan Suryadi)

apahabar.com, JAKARTA - Pihak Kelurahan Ancol meresmikan ruang ketiga bernama Taman Kebugaran yang berada di halaman Kantor Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, pada Selasa (21/3) siang. 

Lurah Ancol Rusmin mengungkapkan kehadiran Taman Kebugaran itu sebagai bentuk kolaborasi antara pihak kelurahan dengan PT Asahimas Flat Glass Tbk. melalui program tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan. Taman tersebut di desain khusus berdasarkan saran warga Ancol untuk kegiatan olahraga.

"Diawali atas pengamatan kami lokasi di belakang ini bangunan tua, lapuk. Kemudian seiring berjalannya waktu Pak Gubernur dan Pj Gubernur DKI Jakarta memerintahkan kita semua untuk selalu menata kawasan," ujar Rusmin saat ditemui di lokasi.

Rusmin mengakui, Taman Kebugaran itu dibuat dengan konsep penataan kawasan untuk menyehatkan warga. Itu sebabnya, taman dilengkapi dengan lima unit alat fitness outdoor dan tiga unit permainan anak-anak.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Tindaklanjuti Keluhan Penghuni Apartemen Mediterania Ancol

"Jadi ada alat fitness outdoor ini untuk orang dewasa, bapak-bapak atau ibu-ibu yang ingin badannya tetap sehat dan bugar bisa langsung datang. Kemudian juga ada tiga unit permainan anak-anak. Ini kita sediakan karena nanti pasti padat anak-anak di sini. Kita membuat suatu ruang yang ramah anak," jelas Lurah Ancol.

Sementara itu, Camat Pademangan Didit Mulyadi menjelaskan keberadaan Taman Kebugaran akan menambah deretan ruang ketiga di wilayah Kecamatan Pademangan.

Taman itu nantinya bisa dikunjungi selama bulan ramadan dan bisa dimanfaatkan warga Pademangan sembari menunggu waktu berbuka puasa daripada melakukan kegiatan-kegiatan negatif.

"Saya juga imbau, selama ramadan bagi warga lebih baik nongkrong di sini daripada bakar petasan atau apa lah, lebih baik kumpul, olahraga di sini sehabis sahur," ucapnya.

Baca Juga: Gebyar UMKM Jakarta Utara, Stimulasi Ekonomi Masyarakat Jelang Ramadan

Senada, Corporate Administration Division Manager PT Asahimas Flat Glass Tbk. Purwo Edhi Santoso menjelaskan alasan dibangunnya Taman Kebugaran di area Kantor Kelurahan Ancol bertepatan dengan HUT ke-50 tahun perusahaan.

Ia berharap keberadaan Taman Kebugaran yang baru diresmikan itu dapat membahagiakan dan menyehatkan warga Kelurahan Ancol.

"Harapannya Taman Kebugaran ini dapat membawa kebahagiaan dan keceriaan bagi warga di Kelurahan Ancol," ucapnya.