Pemilu 2024

Survei Populi Center: Elektabilitas Ganjar Pukul Telak Prabowo-Anies

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memukul telak perolehan elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam rilis survei Lembaga Public Opinion

Ganjar saat blusukan di Jakarta Selatan yang didampingi Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Foto: (apahabar.com/Aditama)

apahabar.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memukul telak perolehan elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam rilis survei Lembaga Public Opinion and Policy Research (Populi) Center.

Ganjar melesat dengan perolehan 35,8 persen, sedangkan Prabowo mengantongi 33,4 persen. Sementara Anies harus puas di angka 23,2 persen yang dipotret dalam survei medio 5 hingga 12 Juni 2023. 

“Elektabilitas tiga tokoh yang kemungkinan besar saling bergelut dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang. Tiga tokoh, Ganjar Pranowo, Prabowo dan Anies, elektabilitas tertinggi diperoleh Ganjar Pranowo 35,8 persen,” kata peneliti Populi Center Hartanto Rosojati seperti dikutip, Selasa (27/6).

Baca Juga: Ganjar Blusukan, Demokrat: Urus Dulu Masalah di Jateng!

Kemudian survei yang menyasar 1.200 responden juga mengajukan pertanyaan terbuka kepada para responden terhadap capres yang hendak dipilih dalam gelaran Pilpres 2024.

Hasilnya, tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo masih menempati urutan teratas dengan perolehan 21,9 persen suara, diikuti oleh Prabowo Subianto 19,3 persen, Anies Baswedan 14,4 persen, Joko Widodo 6,3 persen, Ridwan Kamil 1,3 persen, dan Mahfud MD 0,7 persen.

Nama Jokowi masih bertengger di daftar capres lantaran pertanyaan yang diajukan secara terbuka kepada responden. Artinya lembaga survei tidak membatasi responden dengan nama-nama tokoh yang harus dipilih.

Baca Juga: Sikut Kinerja Anies Jelang Pemilu, Demokrat Semprot Ganjar

Sementara hasil dari pertanyaan terbuka untuk tingkat keterpilihan calon wakil presiden (cawapres), Sandiaga Salahuddin Uno menempati urutan pertama dengan perolehan 9,8 persen.

Lalu diikuti oleh Ridwan Kamil 7,5 persen, Erick Thohir 5,9 persen, Mahfud MD 4,7 persen, Anies Baswedan 4,3 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,9 persen, Ganjar Pranowo 2,9 persen, Prabowo Subianto 2,9 persen, Khofifah Indar Parawansa 1,5 persen, dan Ma’ruf Amin 1,1 persen.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan berlangsung pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.