Tak Berkategori

Surat Suara PSU Pilwali Banjarmasin Tiba, Ternyata Sedikit Berbeda

apahabar.com, BANJARMASIN – Persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali di Banjarmasin mendekati fase akhir. Menjelang…

Petugas dari KPU melibat kertas suara yang akan digunakan dalam PSU Pilwali Banjarmasin. Foto: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilwali di Banjarmasin mendekati fase akhir.

Menjelang PSU yang dilaksanakan 28 April 2021, logistik berupa surat suara mulai masuk ke Sekretariat KPU Banjarmasin, Selasa (20/4) malam.

Total surat suara yang datang berjumlah 29.824 lembar. Jumlah tersebut sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 29.056 ditambah 2,5 persen.

“Surat suara yang datang disimpan di gudang, lalu dibawa ke Gedung Wanita untuk dilakukan pelipatan,” papar Komisioner KPU Banjarmasin, Taufiqqurakhman, Rabu (21/4).

Ternyata terdapat perbedaan antara surat suara PSU dengan surat suara sebelumnya. Di bagian tanda tangan KPPS. terdapat tulisan Pemilihan Ulang.

“Desain tidak berbeda dengan sebelumnya. Namun di bagian tanda tangan KPPS, terdapat stempel Pemilihan Ulang. Kalau tanpa tulisan itu, berarti tidak sah,” tegas Taufiqqurakhman.

Proses pelipatan suarat suara ditargetkan selesai paling lambat, Minggu (25/4). Dalam proses ini, KPU melibatkan 10 orang yang bertugas berdasarkan shift.

Dalam beberapa hari kedepan, logistik lain juga berdatangan, seperti kotak suara, hologram dan tinta.

“Sedangkan proses distribusi logistik ke TPS, dilakukan paling lambat sehari sebelum pelaksanaan PSU, tepatnya 27 April mendatang,” tandas Taufiqqurakhman.

Adapun PSU di Banjarmasin dilaksanakan di Kelurahan Mantuil, Basirih Selatan dan Murung Raya, semuanya di Kecamatan Banjarmasin Selatan.