Kalsel

Sungai Biyuku dan Kampung Salanjung, Destinasi Wisata Baru di Banjarmasin Utara

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Banjarmasin tentu tak banyak yang mengetahui bila di kota ini, ada sebuah…

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina beserta istri melintasi jembatan kecil saat berada di kawasan Kelurahan Sungai Andai Ujung. Foto-isitimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Banjarmasin tentu tak banyak yang mengetahui bila di kota ini, ada sebuah kampung yang masih alami dan asri.

Kampung tersebut terletak di kawasan Kelurahan Sungai Andai Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Tempat itu diberi nama Kampung Salanjung, yang merupakan singkatan dari Sungai Andai Ujung.

Nah, di kampung tersebut terdapat sebuah sungai yang kini sedang dibuat menjadi salah satu destinasi wisata. Sungai yang dimaksud bernama Sungai Biyuku.

Sungai ini akan menjadi salah satu lintasan wisata susur sungai, khusus kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara.

Selain bersih, air di sungai inipun terlihat jernih. Menurut Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, suasana kampung yang ada di ujung Sungai Andai sangat alami sekali, sangat asri, dan budaya sungainya juga masih bisa dipertahankan.

Sebab alat transportasi masyarakat masih asli menggunakan jukung dan perahu, kemudian alamnya sangat menarik, dan suasana kekeluargaan masyarakat masih bertahan dengan baik.

“Kawasan ini bisa menjadi salah satu kawasan wisata unggulan di Kota Banjarmasin,” harap Ibnu.

Ia menerangkan kampung ini sudah jauh sebelum adanya pengembangan perumahan yang ada di Sungai Andai.

Sehingga bentuknya betul-betul alami dan menarik untuk eksplor oleh siapapun yang datang ke Banjarmasin, atau warga Banjarmasin sendiri yang datang ke sini.

“Mudahan-mudahan, harapannya kearifan lokal yang ada di sini bisa menjadi daya tarik untuk pengembangan pariwisata berbasis sungai, khususnya suasana perkampungan banjar yang alami di pinggir sungai,” tegasnya.

Dari informasi terhimpun, Sungai Biyuku juga diikutkan masyarakat setempat dalam lomba Sungai Barasih tingkat Kecamatan Banjarmasin Utara.

Penilaian tahap terakhir untuk menetukan pemenang lomba tersebut akan dilakukan pada tanggal 31 Agustus nanti.

"Ada tiga kawasan sungai di kecamatan ini yang mengikuti lomba Sungai Barasih, salah satunya Sungai Biyuku. Tanggal 31 Agustus kawasan ini akan dinilai untuk ketiga kalinya oleh tim penilai, mudah-mudahan kami berhasil masuk dalam nominasi," ujar salah seorang warga yang tidak ingin menyebutkan namanya.

Baca Juga: Prihatin Generasi Muda, Nely Safitri Ajak Tanamkan Cinta Budaya

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Duta Bahasa Kalsel dan Tantangannya

Baca Juga: Tenangkan Pikiran, Nikmati Sunset di Sungai Barito

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin