Kalsel

Sukseskan World Cleanup Day Tabalong, 15 Desa di Kecamatan Banua Lawas Serentak Bersih-Bersih Lingkungan

apahabar.com, TANJUNG – Lima belas desa di Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong serentak melaksanakan giat kebersihan…

Oleh Syarif
Petugas menimbang sampah yang terkumpul di acara World Cleanup Day Tabalong di Tahun 2020 untuk Kecamatan Banua Lawas. Foto-Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Lima belas desa di Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong serentak melaksanakan giat kebersihan lingkungan, Jumat (18/9).

Kegiatan ini diikuti aparatur desa, Bhabinsa, Babinkamtibmas dan masyarakat. Mereka bahu membahu mengumpulkan sampah dan membersihkan lingkungan.

Camat Banua Lawas, Zainudin mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mensukseskan World Cleanup Day Tabalong di Tahun 2020, sebagaimana surat edaran Bupati Tabalong.

Pada pelaksanaannya, 15 desa ditambah kecamatan setempat berhasil mengumpulkan kurang lebih 15 karung sampah.

Sampah yang dikumpulkan dipilah sesuai jenisnya, seperti sampah kering berupa kotak kardus, sampah kertas, serta botol minuman.

“Tadi sudah kita lakukan penimbangan, meski belum selesai. Besok kita lanjutkan lagi dan nantinya disetorkan ke Bank Sampah Desa Sungai Hanyar,” kata Bang Zai, sapaan akrabnya.

Pada kesempatan itu pula pihaknya juga menyerahkan serahkan kepada desa bantuan dari PMI Tabalong berupa paket Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), diantaranya berisikan sabun, masker, bivol beserta pakaian asmaz.

“Sebagai timbal baliknya desa menyerahkan sampah kering, kecamatan menyerahkan bantuan dari PMI Tabalong,” jelas Bang Zai.