Tak Berkategori

Sukamta Promosikan Program Pinjaman Tanpa Bunga

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta mempromosikan pinjaman tanpa bunga atau nol persen,…

Bupati Tala H Sukamta serahkan piagam penghargaan kepada Kepala Desa Kait-Kait atas partisipasi dalam pembangunan. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala) H Sukamta mempromosikan pinjaman tanpa bunga atau nol persen, di tengah pelaksanaan Manunggal Tuntung Pandang (MTP), digelar di Desa Kait Kait, Kecamatan Bati Bati, Jumat (31/1) hingga Sabtu (1/2).

Menurut Sukamta, warga yang masih mengalami kesusahan dalam permodalan agar jangan galau. Karena selama ini, Pemkab Tala menyediakan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga ringan kepada masyarakat yang ingin berusaha.

Baca Juga: Di MTP, Bupati Tala Sebar Benih Ikan dan Tanam Pohon

"Kalau Rp 15 juta ke atas, mending pinjam KUR saja. Tapi kalau Rp 15 juta ke bawah, lebih baik pinjam di BPR Tala. Karena kita ada program pinjaman dengan bunga nol persen," ujar Sukamta.

Karena itu bupati mempersilahkan seluruh warga Tala yang memiliki usaha di bidang peternakan, perdagangan, perikanan dan pertanian yang membutuhkan modal untuk meminjam di BPR Tala.

"Sampai saat ini sudah ada Rp 3,2 miliar yang tersalur melalui program pinjaman dengan bunga nol persen ini. Namun batasnya cuma untuk pinjaman Rp 15 rupiah. Kalau mau lebih dari itu, bisa lewat KUR," tandasnya.

Menyinggung MTP itu sendiri, menurut bupati, sudah tertuang di dalam RPJMD Kabupaten Tala. Sehingga wajib dilaksanakan di 135 desa/kelurahan se-Tala.

Ditegaskan Sukamta, kegiatan MTP merupakan program sangat bermanfaat. Karena dengan program ini, masyarakat desa bisa diberikan berbagai pelayanan secara langsung yang datang ke desa-desa.

"Tadi saya lihat ada pelayanan dukcapil, sunatan masal, pasar murah, bahkan ada retail Alfamart yang berjualan dengan harga promo. Tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Dalam kegiatan MTP Desa Kait Kait ini, terdapat berbagai penyerahan, diantaranya Kartu Indonesia Sehat, dokumen kependudukan warga, pemasangan seragam pelatihan kejuruan menjahit, piagam penghargaan atas partisipasi dan dukungan terhadap program pamsimas dan penyerahan bibit pohon dari KPH Tala.

Kegiatan selain dihadiri Ketua TP PKK Tala, Hj Nurul Hikmah Sukamta, juga Sekdakab H Dahnial Kifli, Dandim 1009/Pelaihari, Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Ketua GOW Yati Octoviana Abdi Rahman, Kepala SKPD serta pimpinan perbankan di Kabupaten Tala.

Baca Juga: Jelang Tes CPNS 6 Februari, BKPSDM Tala Siapkan Ini

Reporter: Ahc14
Editor: Syarif