Tak Berkategori

Sukamta Fokus Bangun Sanitasi di Tala

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut, Sukamta, menyampaikan pihaknya akan fokus mencukupi kebutuhan air bersih dan…

H. Sukamta saat membuka Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III untuk desa – desa keberlanjutan di Tanah Laut, Kamis (03/10). Foto-istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Bupati Tanah Laut, Sukamta, menyampaikan pihaknya akan fokus mencukupi kebutuhan air bersih dan persoalan sanitasi di daerahnya.

Untuk menyukseskan programnya itu, ia berpesan kepada para kepala desa di Tanah Laut agar serius membangun sanitasi dan mencukupi kebutuhan air bersih di kawasan perdesaan.

“Pemerintah desa punya kewenangan untuk menyusun perencanaan, pembangunan dan pengembangan. Jadi, kepala desa juga bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan dasar air bersih dan sanitasi,” kata Sukamta saat membuka Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III di Aula Bappeda Pelaihari, Kamis (03/10).

Rencana itu dinilai sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2015 – 2019 untuk mencukupi kebutuhan dasar masyarakat yakni air minum dan sanitasi.

Sukamta berharap anggaran desa bisa dimasukkan dalam program dan kegiatan APBDes untuk pemenuhan air bersih dan sanitasi.

Untuk diketahui, Pamsimas merupakan salah satu program andalan nasional dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum yang aman dan sanitasi yang layak melalui pendekatan dengan berbasis masyarakat.

Baca Juga: Dies Natalis Politeknik Tala; dari Senam Sehat hingga Komitmen Jaga NKRI

Baca Juga: Dua Kementrian 'Suntik' Program Pembangunan di Tala

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela