Religi

‘Studi Banding’ ke PCNU Banjar, Rais Syuriah NU HST: Kami Datang ke Tempat yang Tepat

apahabar.com, BANJARMASIN – Melakukan kunjungan ke Pengurus Cabang Nadlatul Ulama Kabupaten Banjar (PCNU Banjar), PCNU Hulu…

Wakil Syuriah PCNU Banjar, Tuan Guru H Muhammad Noval memberikan cendramata berupa jam dinding bertuliskan “Nahdlatul Ulama” kepada Syuriah PCNU HST, KH Muhammad Nawawi Hasan. Foto-apahabar.com/Bulkini

apahabar.com, BANJARMASIN - Melakukan kunjungan ke Pengurus Cabang Nadlatul Ulama Kabupaten Banjar (PCNU Banjar), PCNU Hulu Sungai Tengah (HST) bersiap melakukan pergerakan di wilayahnya.

Rais Syuriah PCNU HST, KH Muhammad Nawawi Hasan mengungkapkan kondisi yang terjadi di NU HST. Dia menyebut, saat ini pergerakan NU di daerahnya hanya jalan di tempat.

"Pergerakannya ada, tapi tidak ke mana-mana. Jalan di tempat saja," ujar Guru Nawawi dalam sambutannya dalam pertemuan yang digelar di gedung PCNU Banjar, Martapura, Minggu (29/12) sore.

Guru Nawawi menyambung, pergerakan yang dijalankan PCNU HST selama ini seolah tergantung dengan "konsumsi", sehingga ketika "konsumsi" berhenti, maka pergerakan pun ikut berhenti.

"Habis piluntang (konsumsi), stop," kata Guru dengan logat bicara Hulu Sungai.

Melihat kondisi itu, Guru Nawawi menyadari, pihaknya harus memiliki sumber dana (pendapatan) sendiri, sehingga masalah konsumsi yang menjadi bahan bakar pergerakan itu bisa diatasi. Untuk itulah pihaknya bersilaturahmi ke PCNU Banjar.

"Melihat program-program yang dijalankan NU Banjar, kami datang ke tempat yang tepat," tegas Guru Nawawi ketika mengetahui program-program yang sudah dijalankan PCNU Banjar.

Dia mengatakan, pihaknya telah mengagendakan banyak rencana, tetapi itu hanya berada di angan-angan, dan di PCNU Banjar kami menemukan kenyataannya.

"Kami baru memikirkan, NU Banjar sudah menjalankannya. Andai ini kompetisi, kami mengaku kalah," terang Guru Nawawi.

"Mudah-mudahan ke depannya, kami (NU HST) bisa lebih baik lagi. Dan program-program ke depan bisa dijalankan dengan baik oleh pengurus (NU HST) yang baru," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziyah Kabupaten Banjar, Nuryadi mengungkapkan kegembiraannya atas kedatangan rombongan Pengurus Cabang NU HST. Dia berharap, semangat membesarkan organisasi Ahlusunnah Waljama'ah ini terus terjaga.

"Membesarkan NU tentu saja dengan program-program. Namun, apa yang diterapkan di Kabupaten Banjar kemungkinan bisa diterapkan di HST, tapi bisa juga tidak. Artinya, program-program yang dibuat harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing," jelas Nuryadi.

Silaturahmi seperti ini, lanjut Nuryadi, penting untuk dijaga. Sehingga ke depan, pihaknya akan mengagendakan kunjungan serupa ke PCNU HST.

Pertemuan antar pengurus cabang NU tersebut kemudian ditutup dengan pembacaan doa dari Wakil Syuriah PCNU Banjar, Tuan Guru H Muhammad Noval bin Tuan Guru H Muhammad Rosyad.

Baca Juga: Sempat Ingkari Kerasulan Nabi Muhammad SAW, Filsuf Ini Mendadak Masuk Islam

Baca Juga: Haul ke-15, Kamar Wisma Sultan Sulaiman Sudah Habis Diborong …

Editor: Muhammad Bulkini