Sport

SSB Cahaya Banua Jaya, Impian Banua ke Pentas Dunia

apahabar.com, MARTAPURA – Ekspektasi besar disemat Sekolah Sepakbola (SSB) Cahaya Banua Jaya. Melalui wadah ini, harapannya…

Foto Pemain berserta pengurus SSB Cahaya Banua Jaya bersama Ketua Umum Martapura FC, Mokhamad Hilman di Stadion Demang Lehman Martapura. Foto-apahabar.com/reza.

apahabar.com, MARTAPURA – Ekspektasi besar disemat Sekolah Sepakbola (SSB) Cahaya Banua Jaya. Melalui wadah ini, harapannya bibit pesepakbola Banua lahir, hingga muncul di tim nasional berlaga ke pentas dunia.

Tak hanya dari Martapura dan Banjarbaru, puluhan anak berusia dini yang tergabung di SSB ini juga berasal dari seluruh Kalsel. Sabtu (9/2) tadi, mereka menggelar latihan rutin. Sebelumnya, mereka baru saja merebut juara pertama di kelompok umur U-16 Liga Total Regional.

Raihan itu, boleh jadi sebagai permulaan. Harapannya, diikuti prestasi-prestasi lainnya.Pada sesi latihan tadi sore, pengurus sengaja menggelarnya di Stadion Demang Lehman. Stadion punya standar internasional, khususnya rumputnya saat awal dibangun sesuai standar FIFA. Mereka diajak, biar tahu seperti apa berlatih di stadion tersebut.

Jenjang SSB Cahaya Banua Jaya cukup terang, pemain punya kans masuk tim profesional. Khususnya Martapura FC. Lahir dari Kota Intan, Martapura FC memang getol mencari pesepakbola banua bermain di Liga 2.

“Dengan anak-anak (peserta didik) datang ke sini kita bisa memperlihatkan bahwa SDL adalah wadah yang mestinya mereka lah yang bermain di stadion ini,” ujar Ketua Umum Martapura FC, Mokhamad Hilman.

Hilman hadir untuk memberikan motivasi untuk pemain berusia 10-16 tahun tersebut. “Untuk bisa berlaga di pertandingan bertaraf nasional tidak menutup kemungkinan anak-anak yang ada ini, kita beri motivasi agar bisa menjadi bagian tim nasional Indonesia. Tujuannya jelas untuk mengangkat persepakbolaan Indonesia di kancah Internasional,” harapnya.

Harapan Hilman boleh tinggi, mengingat fasilitas semuanya ada di sini. Tinggal pembinaan dan kompetisi yang berkelanjutan. Semua tergantung pengurus nantinya.

“Tujuan di bentuknya SSB CBJ sebagai wadah anak-anak untuk mengapresiasikan diri dalam bidang sepakbola dan berprestasi. Tentu saja kami ingin sepakbola bisa menopang kehidupan mereka, mendapatkan profit dengan bisa menjadi pemain profesional,” timpal Manajer SSB Cahaya Banua Jaya, Tri Hayat Ari.

SSB CBJ dididirikan pada 17 Oktober 2017 memang bermarkas di Banjarbaru, punya julukan Laskar Macan Dahan. Meski demikian dengan peserta didik berjumlah 90 anak, ada juga dari daerah lain. Belum lama dibentuk sudah punya prestasi juara 1 turnamen usia dini di Banjarbaru.

Hebatnya, tanpa kebobolan sampai berlaga ke final di 2018. Disamping itu, masih di tahun yang sama pernah menjadi juara 3 Menpora Cup se Kabupaten Banjar.

Bahkan, SSB CBJ pernah menjuarai turnamen Menpora Cup usia 12 tahun se-Kalsel. Atas prestasi itu mereka berhak mewakili Kalsel di tingkat nasional yang digelar di Balikpapan. Turnamen tersebut diikuti oleh 34 provinsi.

Prestasi tersebut tentu saja buah dari penggemblengan rutin saban Kamis dan Sabtu di lapangan sepakbola SMK YPK Banjarbaru. Selain itu, program uji coba digelar tiap Minggunya.

Saat ini, tim tengah mempersiapkan diri menghadapi final regional Liga Total se-Kalimantan Selatan Kelompok Umur 16. Mereka akan menghadapi tim dari Kotabaru, Maret 2019 mendatang.

Tropi juara yang berhasil diraih SSB Cahaya Banua yang diserahkan Ketum Martapura FC, Mokhamad Hilman. Foto-apahabar.com/Reza

Baca Juga:Yoo Jae Hoon Berharap Proses Naturalisasi Cepat Rampung

Reporter: Reza RifaniEditor: Ahmad Zainal Muttaqin