Sport

Spesialis Sebiji Gol, Burkina Faso Tembus Semifinal Piala Afrika 2021

apahabar.com, JAKARTA – Meski sering mencetak sebiji gol dalam setiap pertandingan, Burkina Faso sukses melangkah ke…

Pemain Burkina Faso merayakan keberhasilan melangkah ke semifinal Piala Afrika 2021. Foto: Thee Guardian

apahabar.com, JAKARTA – Meski sering mencetak sebiji gol dalam setiap pertandingan, Burkina Faso sukses melangkah ke semifinal Piala Afrika 2021.

Dalam pertandingan perempat final di Roumde Adjia Stadium, Garoua, Minggu (30/1), Burkina Faso kembali mencetak sebiji gol ke gawang Tunisia.

Satu-satunya gol Burkina Faso dicetak di injury time babak pertama melalui kaki Dango Ouattara, setelah memaksimalkan umpan Blati Toure.

Namun Dango Ouattara sempat membuat Burkina Faso tertekan di menit 82. Penyerang Lorient ini mendapat kartu merah, setelah melanggar Ali Maaloul.

Unggul jumlah pemain selama lebih kurang 10 menit, ternyata gagal dimanfaatkan Tunisia hingga pertandingan berakhir.

Burkina Faso pun lolos ke semifinal, sekalipun hanya mencetak sebiji gol dalam setiap pertandingan di Piala Afrika 2021.

Sebelumnya seusai kalah 1-2 dari Kamerun di matchday pertama, Burkina Faso menang 1-0 atas Tanjung Verde dan berimbang 1-1 melawan Etiopia.

Mereka juga bermain imbang 1-1 melawan Gabon di babak 16 besar, sebelum lolos ke perempat final melalui adu penalti.

Selanjutnya di semifinal yang berlangsung 2 Februari 2022, Burkina Faso menunggu pemenang pertandingan Senegal versus Guinea Ekuatorial.

Sebelumnya Kamerun menjadi negara pertama yang berhasil mencapai semifinal. Tuan rumah Piala Afrika 2021 ini mengalahkan Gambia 2-0 di Japoma Stadium.

Gol Kamerun diborong Karl Toko Ekambi di menit 50 dan 57. Lions Indomptables selanjutnya menghadapi pemenang Mesir melawan Maroko.