Spesialis Pencuri di Siang Bolong Diringkus, Bobol Rumah Dinas Pelindo Balikpapan

Polisi berhasil mengamankan seorang pelaku pembobol rumah dinas Pelindo di Jalan Yos Sudarso, RT 09 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota belum lama ini.

Pelaku spesialis bobol rumah di siang bolong di Balikpapan diringkus. Foto: Humas Polresta Balikpapan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Polisi berhasil mengamankan seorang pelaku pembobol rumah dinas Pelindo di Jalan Yos Sudarso, RT 09 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Kota belum lama ini.

Pelaku berinisial A (37) tersebut rupanya spesialis bobol rumah kosong di siang hari.

Kanit Jatanras Satreskrim Polresta Balikpapan, Ipda Wempi Ardenta mengatakan pelaku melancarkan aksinya pada siang hari. Sebelum beraksi, pelaku melakukan pemantauan terlebih dahulu terhadap rumah calon targetnya.

“Yang bersangkutan sebelumnya sudah melakukan pengecekan mana-mana aja rumah yang ditinggal penghuninya. Jadi anaknya sekolah, orang tuanya kerja jadi dalam kondisi kosong rumahnya,” kata Wempi saat konferensi pers di Mapolresta Balikpapan pada Kamis (4/5/2023).

Setelah mengetahui rumah targetnya kosong setiap siang hari, pelaku pun beraksi dengan cara membobol pintu rumah menggunakan obeng.

Kemudian pelaku masuk ke dalam dan membobol pintu kamar korban dan anaknya. Barang-barang berharga korban seperti HP Samsung S7, perhiasan dan jam tangan raib digasak pelaku.

“Korban mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp60 juta,” tuturnya.

Korban baru menyadari saat dirinya pulang kerja melihat pintu rumah sudah dalam kondisi rusak. Setelah dicek kembali rupanya rumahnya baru saja diobrak-abrik pelaku pencurian. Tak terima, korban pun melaporkan kejadian ini ke Polresta Balikpapan.

“Rumah korban di dekat Pos Angkatan Laut dan Rumah Makan Mr Sumo, jadi kita lihat rekaman CCTV nya dan bisa mengetahui pelaku,” ungkapnya.

Polisi berhasil mengamankan pelaku masih di sekitar wilayah Balikpapan dengan barang bukti yakni obeng yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Kami berhasil amankan pelaku dan barang bukti yakni obeng plus minus, helm, tas kulit, jam tangan,” ujarnya.

Dari hasil pengembangan, rupanya pelaku kerap beraksi melakukan aksi pencurian di beberapa lokasi. Salah satunya kotak infak di kawasan Balikpapan Barat. Polisi pun masih melakukan pengembangan lebih lanjut lantaran diduga masih ada TKP lainnya.

“TSK ini sudah beberapa kali beraksi, memang spesialis rumah kosong di siang hari. Di wilayah lain pelaku juga mencuri kotak infak di Balikpapan Barat,” pungkasnya.