South Borneo Rally 2024, Momen Perebutan Takhta Juara Nasional

Putaran ketiga Kejuaraan Nasional Rally bertajuk South Borneo Rally 2024 yang berlangsung pada 18-20 Oktober akan menjadi panggung penentuan gelar Juara Nasiona

Oleh Sandy
Foto bersama usai Press Conference di Aula TAMASA Tapin. Foto - bakabar.com/Sandy.

bakabar.com, RANTAU - Putaran ketiga Kejurnas Rally 2024 bertajuk South Borneo Rally, 18 hingga 20 Oktober, akan menjadi panggung penentuan gelar juara nasional.

Untuk kali kedua, Tapin kembali dipercaya sebagai tuan rumah. Dengan reputasi yang terus meningkat, balapan ini tidak hanya menarik minat penggemar olahraga otomotif, juga menjadi simbol sport tourism di Kalimantan Selatan.

Penyelenggara memastikan tantangan lebih seru dengan lintasan baru, ditambah dua sirkuit ikonik Kampil dan Balipat yang tetap dipertahankan sebagai ciri khas South Borneo Rally.

"Sirkuit Balipat dan Kampil sudah menjadi ikon Tapin yang sesuai dengan karakter lintasan motocross maupun sprint rally. Kami ingin mempertahankan karakter ini sebagai daya tarik utama," papar Ketua Penyelenggara South Borneo Rally 2024, HM Prayudha, Jumat (18/10).

Tak hanya soal persaingan di lintasan, South Borneo Rally 2024 juga mengusung misi mulia dengan program keberlanjutan lingkungan.

"Kami berkomitmen menjadi pelopor program lingkungan hidup berkelanjutan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan mendukung ekonomi sirkular pemerintah," tambah Prayudha.

Sebanyak 12 Special Stage (SS) akan menjadi ajang adu cepat para pereli yang memadukan lintasan searah (clockwise), dan berlawanan arah (anti-clockwise).

Seperti edisi sebelumnya, Rantau Baru akan menjadi tempat Super Special Stage  (SSS), diikuti SS lain di Kampil Padang Sari, Pantai Batu, Karang Nangka-Kanjaran, dan Balipat.

Dengan total jarak tempuh mencapai 241,57 kilometer, sebanyak 7 SS akan berlangsung di leg pertama, Jumat dan Sabtu (18-19/10). Kemudian 5 SS lagi dilangsungkan di leg kedua, Minggu (20/10).

Nama-nama besar yang siap berlaga di seri terakhir ini. Mulai dari duet tuan rumahHM Rihan Variza dan Rizky Prayoga (HRVRT HBM BGM BMB Binuang), kemudian Ryan Nirwan (Toyota Gazoo Racing Indonesia).

Berikutnya H Rahmat dan Andi Baihaki (LFN Sederhana Motorsport), Dypo Fitramadhan (Delta Garage Racing Team), hingga Bimo Pradikto (Banteng Motorsport).

South Borneo Rally 2024 juga mendapat dukungan penuh dari Pemprov Kalsel, Pemkab Tapin, HRVRT HBM BGM BMB, Pertamax Turbo, dan perusahaan-perusahaan lain.

"Semua rangkaian South Borneo Rally 2024 akan disiarkan secara langsung, sehingga penggemar yang tidak bisa datang dapat menikmati aksi para pereli melalui lintasan tambang batu bara, perkebunan sawit, hingga Sirkuit Balipat dan Kampil," beber Prayudha.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapin, Sufiansyah, memberikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada para peserta. 

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Tapin sebagai tuan rumah South Borneo Rally 2024. Kami siap menerima masukan dari para pereli dan media demi kesuksesan kedepan," papar Sufiansyah.

"Masukan tersebut akan berarti penting, karena kami juga ingin Tapin bisa menjadi tuan rumah Asia Pasifik Rally Championship (APRC) di masa mendatang," tegasnya.