Pemkab Banjar

Sosok Guru Khalil di Mata Pejabat, Sering Nasihati Salat Tepat Waktu

apahabar.com, MARTAPURA – Sosok almarhum KH Khalilurrahman atau Guru Khalil di mata pejabat, dikenal sering memberi…

KH Khalilurrahman atau Guru Khalil (dua dari kiri) semasa hidup saat menghadiri haul Guru Sekumpul 2019 silam bersama Ketua Umum PKB Muhaimain Iskandar (peci hitam). Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, MARTAPURA – Sosok almarhum KH Khalilurrahman atau Guru Khalil di mata pejabat, dikenal sering memberi nasihat yang bersifat ukhrawi.

Hal ini diungkapkan Dirut PDAM Intan Banjar, Syaiful Anwar. Menurutnya, sosok Guru Khalil sudah seperti ayah baginya.

“Saya merasa sangat kehilangan sosok yang sudah saya anggap ayah. Banyak kesan selama beliau menjabat Bupati Banjar,” ucap Dirut PDAM Intan Banjar, Senin (26/7).

“Beliau suka menasihati terkait akhirat, seperti mengingatkan salat harus tepat waktu,” sambung Syaiful Anwar.

Menurutnya, Guru Khalil merupakan sosok yang tegas dalam memimpin juga suka homur.

Sementara, Bupari Banjar H Saidi Mansyur menuturkan, semasa berpasangan sebagai kepala daerah pada periode sebelumnya, ia banyak belajar kepemimpinan, baik sebagai kepala daerah maupun imam dalam keluarga.

"Semoga segala amal perbuatan yang telah beliau lakukan selama memimpin daerah kita diganjar pahala oleh Allah SWT,” tuturnya.

Guru Khalil menjabat Bupati Banjar periode 2016-2021. Ia meninggal di usia 75 tahun, pada Minggu (25/7) pukul 09.45 Wita di kediamannya.

Ulama sekaligus umara kelahiran 10 Desember 1945 itu dimakamkan di alkah keluarga, berdampingan dengan kubah sang ayah KH Salim Ma’ ruf di Pekauman Dalam, Kecamatan Martapura Timur, Ahad kemarin selepas Salat Asar.