Pemilu 2024

Soal Video Zulhas Bagi Uang, Sekjen PAN Sebut Murni Bantu Masyarakat

Sekjen PAN Eddy Soeparno merespons video Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membagikan uang yang viral dan ditanggapi Bawaslu hingga KPK.

Wakil Ketua Komisi VII, Eddy Soeparno. (Foto: Dok. Istimewa)

apahabar.com, JAKARTA - Sekjen PAN Eddy Soeparno merespons video Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) membagikan uang yang viral dan ditanggapi Bawaslu hingga KPK.

Menurut Eddy, apa yang dilakukan Zulkifli Hasan dalam video yang beredar itu murni kepedulian dan jauh dari indikasi money politics.

"Apa yang dilakukan Pak Zulkifli Hasan dari pengamatan saya, dari lihat videonya itu adalah sebuah perbuatan kepedulian terhadap masyarakat, terutama masyarakat ekonomi lemah bukan dalam konteks money politics. Tuduhan itu jelas salah sasaran," kata Eddy di Bandung, Rabu (13/9).

Baca Juga: KPK Peringatkan Zulhas Bagikan Rp50 Ribu ke Warga

Pimpinan Komisi VII DPR RI ini menegaskan tidak ada motif bagi Zulkifli Hasan untuk membagikan uang karena beliau bukan calon kepala daerah, bukan calon anggota legislatif yang ingin dipilih dengan bagi-bagikan uang.

"Jadi menurut saya tuduhan bahwa ini adalah sebuah langkah atau aksi sebar-sebar amplop dalam rangka serangan fajar itu atau money politics itu tidak relevan dalam konteks ini dan bahkan terkesan ingin dikait-kaitkan. Padahal jauh dan tidak tepat," lanjutnya.

Eddy melanjutkan, apa yang dilakukan Zulkifli Hasan tersebut adalah kepedulian beliau sebagai seorang tokoh bangsa yang ingin ikut membantu masyarakat.

"Lihat videonya secara jernih dan tanpa prasangka. Sama sekali tidak adapun disana saya lihat umbul-umbul, kemudian atribut partai atau apa yang ingin menunjukkan bahwa ini adalah acara partai yang mana partai kemudian membagi-bagikan uang, jadi tidak ada disitu. Bahkan tidak ada ajakan apapun," tegasnya.

Baca Juga: Koalisi Indonesia Maju Lahir, Zulhas Singgung Nama Jokowi

Dalam pandangan Eddy, apa yang dilakukan Zulkifli Hasan sebenarnya hampir sama seperti kita membagikan sedekah kepada masyarakat yang membutuhkan

"Oleh karena itu, saya justru menganggap bahwa apa yang dilakukan Pak Zul itu merupakan bagian dari kepedulian beliau kepada masyarakat yang membutuhkan,"

"Coba lihat kegiatan-kegiatan lapangan Pak Zul di seluruh Indonesia dimana beliau kalau bertemu masyarakat yang butuh spontan memberikan uang. Ini sama sekali bukan money politics," tutup Anggota DPR RI Dapil Kota Bogor dan Cianjur ini.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri juga memperingatkan Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan membagikan Rp50 ribu ke warga. Ia berharap agar hal itu tidak terjadi agar demokrasi berjalan dengan bersih.