Nasional

Simak! Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Hari Ini Pukul 08.30 WIB

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI,…

Oleh Syarif
Presiden Jokowi sampaikan pidato kenegaraan hari ini. Foto-Kemhan RI

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI, pagi ini, Senin (16/8/2021). Kepala Negara akan menyampaikan pidato kenegaraannya secara langsung dari Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Presiden diagendakan menyampaikan pidato kenegaraannya pukul 08.30 WIB, setelah sambutan sekaligus pengantar dari Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ketua DPD RI, AA Lanyalla Mahmud Mattalitti. Rencananya, sidang tahunan akan digelar pukul 08.00 WIB.

“Pidato langsung di jam 08.30 WIB. (pidato pertama) Ketua MPR, (kemudian) Ketua DPD, lalu Presiden,” kata Bamsoet, kutip Okezone, Senin (16/8/2021).

Dibeberkan Bamsoet, sidang tahunan kali ini bakal digelar secara sederhana dan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Oleh karenanya, sidang tahunan akan digelar secara virtual dan juga ditayangkan melalui YouTube. Namun, Presiden Jokowi dan juga Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, akan hadir langsung menyampaikan pidato di Gedung Parlemen Senayan.

“Karena kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring. Sidang Tahunan digelar secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Presiden dan wakil presiden akan hadir secara fisik di Gedung Parlemen,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPR RI tersebut menjelaskan, jumlah undangan sidang tahunan MPR RI kali ini totalnya hanya 1.125. Sebanyak 1.125 undangan tersebut terdiri dari 60 yang hadir secara fisik, 975 undangan yang hadir secara virtual, dan 90 undangan lainnya streaming.

“Undangan hadir fisik antara lain untuk Presiden, Wakil Presiden, para Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri. Serta Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY,” beber Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan dalam Sidang Tahunan MPR RI, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya selama setahun terakhir. Sehingga rakyat bisa mengetahui sejauhmana kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara.

“Sidang Tahunan MPR RI juga akan disiarkan secara langsung melalui saluran TV nasional serta live streaming dari berbagai media sosial MPR RI. Sehingga masyarakat dari manapun bisa mengikuti jalannya Sidang Tahunan MPR RI,” pungkasnya.