liga 1

Sikat PSM 1-0, Borneo FC Tempel Ketat Madura United di Puncak

Borneo FC Samarinda sukses mengalahkan juara bertahan PSM Makassar 1-0 pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Senin (25/9) malam.

Borneo FC bertemu dengan PSM Makkasar saat bertemu pada lanjutan Liga 1 2023/2024 di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (25/9). (foto: psm_makassar)

apahabar.com, JAKARTA -Borneo FC Samarinda sukses mengalahkan juara bertahan PSM Makassar 1-0 pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Senin (25/9) malam.

Bertanding di Stadion Segiri Samarinda, tim berjuluk Pesut Etam tersebut berhasil merebut kemenangan berkat gol yang dicetak penyerangnya asal Brasil, Leo Lelis.

Dalam pertandingan itu, kedua tim ini sebenarnya sama-sama bermain agresif dan saling balas melakukan serangan sejak menit pertama.

Bahkan laga ini cenderung keras, setidaknya pengadil lapangan mengeluarkan 4 kartu kuning untuk kedua tim di babak pertama.

Tak ayal, baik pemain Borneo FC dan PSM beberapa kali berbenturan dalam perebutan bola di tengah lapangan.

Baca Juga: Link Live Streaming Borneo FC vs PSM Makassar

Laga dengan intensitas tinggi ini membuat para pemain berjibaku memperebutkan bola. Salah satunya ketika wasit Ginanjar Rahman memberikan keputusan yang kontroversial bagi Pasukan Ramang.

Yuran Fernandes dapat kartu kuning pertama di laga tersebut usai melanggar Felipe Cadenazzi di menit 10. Padahal, ia baru melakukan pelanggar sekali, tapi langsung mendapatkan kartu kuning.

Selain itu, dua pemain PSM juga menerima Kartu kuning yang diterima Erwin Gutawa di menit 25, serta Donald Adilson Bissa pada menit 43. 

Sedangkan Borneo FC mendapatkan satu kartu kuning yang diterima pemain tengahnya, Kei Hirose pada menit 44. 

Baca Juga: Stadion Aji Imbut Dilirik Borneo FC Gelar Liga 1

Dalam sisi serangan, Borneo FC sebenarnya lebih banyak menguasai jalannya pertandingan.

Dengan mengandalkan serangan dari sayap yang diisi Stefano Lilipaly, tim berjuluk Pesut Etam ini beberapa kali menghasilkan peluang yang membahayakan gawang PSM.

Salah satunya saat Win Naing Tun lepas dari jebakan offside Juku Eja. Namun sebelum menerima bola, ia melakukan pelanggaran.

Sedangkan untuk PSM cukup agresif dari babak pertama. Bahkan anak asuh Tavares menekan pemain Borneo FC.

Peluang pun didapatkan dari tendangan bebas setelah Rizky Eka dilanggar. Sayang, sepakannya masih belum menemui sasaran.

Baca Juga: Taklukan Borneo FC 2-1, Persebaya Tembus Posisi Lima Besar

Dengan begitu, Borneo FC dan PSM harus puas bermain imbang 0-0 di babak pertama.

Di paruh kedua, Borneo FC yang bermain di hadapan ribuan suporternya masih menguasai jalannya permainan. 

Pasalnya, Pesut Etam mengincar kemenangan keenam dari tujuh laganya di Stadion Segiri di musim ini.

Hasilnya, serangannya mulai lebih baik. Bahkan, tendangan Stefano Lilipaly pada menit 70 sempat mengancam gawang PSM. Sayang, tendangan kerasnya masih tipis di atas mistar gawang lawannya. 

Kesabaran Borneo FC akhirnya tiba pada menit 82. Pesut Etam mendapatkan tendangan penalti setelah bek PSM Dzaky Asraf melanggar Muhammad Sihran.

Baca Juga: Tanpa Kekuatan Penuh, PSM Makassar Sikat Barito Putera 2-0

Leo Lelis yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik setelah tendangannya menipu kiper PSM Arya Pratama.

Gol tersebut membuat Borneo FC semakin bersemangat untuk menambah keunggulan.

Tapi, PSM juga terus berjuang mengejar ketertinggalan. Sayang, gol tidak kunjung didapatkan hingga pertandingan berakhir. 

Dengan begitu, Borneo FC berhasil menutup permainan dengan kemenangan 1-0.

Baca Juga: Barito Putera Usung Strategi Matang Jelang Hadapi PSM Makassar

Hasil ini membuat Borneo FC tetap mengamankan posisi kedua di klasemen sementara Liga 1 dengan 25 poin, terpaut dua angka dari Madura United di puncak.

Sedangkan PSM yang baru dibantai klub Vietnam Hai Phong 0-3 di AFC Cup, Kamis (21/9) lalu, masih tertahan di peringkat 9 dengan 18.