Kalteng

Siap-Siap Vaksin Covid-19 untuk Kalteng Tiba di Palangka Raya Besok

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Sebanyak 14.680 dosis vaksin Covid-19 tahap pertama untuk Kalimantan Tengah (Kalteng) akan…

Vaksin Covid-19 Sinovac sudah didistribusikan ke 34 provinsi di Tanah Air. Foto-net

apahabar.com, PALANGKA RAYA — Sebanyak 14.680 dosis vaksin Covid-19 tahap pertama untuk Kalimantan Tengah (Kalteng) akan tiba di Palangka Raya, Selasa (5/1/2021) besok.

“Datang besok dengan pesawat Garuda pagi. Kalau untuk merek belum ada info,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, dr Suyuti Syamsul Senin (4/1).

Namun, vaksin tersebut belum bisa digunakan karena masih menunggu persetujuan otorisasi dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Oleh sebab itu, nantinya belasan ribu dosis vaksin tersebut, akan disimpan dulu di gudang, sambil menunggu kesiapan kabupatan/kota, sebelum didistribusikan.

Menurut Wakil Ketua Harian Satgas Covid-19 Kalteng itu, vaksinasi tahap pertama akan diprioritaskan kepada tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di pelayanan kesehatan.

“Semua yang dapat SMS, mandatori atau wajib untuk divaksin,” ujarnya.

Dalam waktu dekat sebanyak 200 orang akan menjalani training of trainer (TOT) pelaksana vaksinasi.

Jumlah vaksinator disesuaikan dengan banyaknya kecamatan.

Dijelaskannya, Kalimantan Tengah, mendapat alokasi 1,6 juta dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

Dengan alokasi ini diperkirakan akan mampu mencakup sekitar 80 persen dari total penduduk Kalteng.

“Ini lebih dari cukup, karena kebutuhan membentuk kekebalan komunitas masyarakat hanya diperlukan sekitar 70 persen,” tandas Suyuti.