Tak Berkategori

‘Si Septik Manja’, Fasilitas Baru di Kampung Pelangi

apahabar.com, BANJARBARU – Warna-warni Kampung Pelangi Guntung Paikat Banjarbaru bertambah cantik dan sehat pada awal 2019…

Tangki septik komunal yang diberinya nama ‘Si Septik Manja’, diresmikan oleh Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani, di Kampung Pelangi Guntung Paikat, Selasa (22/1) siang. Walikota juga terlihat bersantai bersama tokoh masyarakat, Lurah Guntung Paikat dan Camat Banjarbaru Selatan. Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

apahabar.com, BANJARBARU – Warna-warni Kampung Pelangi Guntung Paikat Banjarbaru bertambah cantik dan sehat pada awal 2019 ini. Hal itu ditandai dengan hadirnya 'Si Septik Manja', tangki septik skala komunal yang diresmikan oleh Wali Kota Banjarbaru, Selasa (22/1/2019) siang.

“Septic tank skala komunal, yang kami beri nama 'Si Septik Manja' ini, fungsinya tidak hanya untuk menampung kotoran saja. Tapi bisa di fungsikan untuk yang lain, seperti perpustakaan, taman baca dan ruang terbuka untuk skala keluarga,” ungkap Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani kepada Wartawan Apahabar.com

Nadjmi menjelaskan, total di 2019 ini ada 162 'Si Septic Manja' yang di bangun di 17 Kelurahan di Kota Banjarbaru. Ditambah 60 unit di tiga kecamatan, pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: Banyak Pembangunan Belum Menyentuh Masyarakat

Foto-apahabar.com/Zepi Al Ayubi

“Satu septic tank bisa menampung tiga sampai lima keluarga. Sehingga persoalan sanitasi dan wilayah kumuh di Kota Banjarbaru itu dapat diatasi sedikit demi sedikit,” terangnya.

Dia juga berharap, dengan adanya septic tank komunal ini, kedepan persoalan kawasan kumuh dan sanitasi dapat diatasi dengan baik di Kota Banjarbaru. Sehingga, kehidupan dan kesehatan masyarakat bisa meningkat.

“Ini juga merupakan salah satu inovasi pemko, dengan melibatkan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di dalamnya. Guna memberikan pelayanan dari hulu sampai hilir dalam kehidupan masyarakat Kota Banjarbaru yang sehat dan berkarakter,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Guntung Paikat Taufik Purwanto menerangkan, dengan hadirnya Tangki Septik Komunal ini, banyak keluarga dan rumah tangga di daerahnya yang bisa menggunakannya.

“Ini memang inovasi, agar bisa mengubah pola pikir masyarakat, yang tadinya Tangki Septik ini terkesan jorok. Menjadi tempat yang bermanfaat, seperti perpustakaan dan taman baca di kampung pelangi ini,” tambahnya.

Baca Juga:Antisipasi Pemilu, Polda Kalsel Perkuat Peran Reserse

Penulis: Zepi Al AyubiEditor: Aprianoor